Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Meningkatkan Iman Selama Bulan Puasa Ramadan

Simak beberapa tips yang bisa dilakukan selama bulan puasa Ramadan.
Tips meningkatkan iman dengan membaca alquran selama bulan puasa Ramadan/ Espos-Sunaryo Haryo Bayu
Tips meningkatkan iman dengan membaca alquran selama bulan puasa Ramadan/ Espos-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah. Bulan ini adalah satu-satunya bulan, dimana Alquran diturunkan melalui Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup manusia.

Selama bulan suci Ramadan, umat muslim memilih untuk memperdalam keimanan dan ketakwaan dengan membaca Alquran. Sesuai dengan perannya, alquran hadir sebagai penunjuk jalannya kehidupan manusia. Maka dari itu segala hal yang berkaitan dengan kunci kehidupan, tentunya bersumber dan tertulis secara nyata dalam Alquran.

Dilansir dari islamicrelief.org.au, ada beberapa alasan mengapa alquran  sangat penting dalam meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Simak cara meningkatkan ketakwaan selama bulan puasa:

1. Membaca atau mendengar tafsir dari surat Alquran

Ketika Anda membaca dan mendengar tafsir alquran, sama hal nya dengan mempelajari setiap makna dari surat maupun ayat tersebut. 

Bagi pemula dengan membaca maupun mendengar, dilakukan untuk sebagai bentuk media pembelajaran untuk memahami cara membaca yang benar, hukum bacaan, maupun yang lainnya.

Melalui hal tersebut, banyak umat muslim yang terbantu dalam mempelajari alquran. Setidaknya, secara mental dan keinginan untuk meningkatkan diri melalui Alquran sudah mulai diterapkan selama bulan Ramadan.

2. Menghafal surat

Hafalan surat adalah cara terbaik seseorang untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Anda bisa memulai hafalan dari surat pendek hingga surat panjang yang ada di alquran.

Melalui hafalan ini, membuat orang merasa tertantang dan menggali lebih dalam tentang apa yang ada di dalam alquran. Hasilnya, banyak orang yang terus menerus ingin belajar lebih dalam mengenai penambahan hafalan surat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menyempurnakan diri dengan surat Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah penyempurna dari segala surat yang ada di Alquran. Makna dan penggunaan dari surat ini sangat dahsyat dibandingkan dengan surat yang lain. Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa yang tidak melafalkan Al-Fatihah dalam doanya, shalatnya tidak sah. (Sahih Al-Bukhari).”

Surat satu ini biasa digunakan dan diterapkan oleh banyak orang sebagai surat untuk mengapresiasi segala pencapaian atas keberhasilan diri sendiri maupun orang lain. Sebagai surat yang wajib dibaca dan dipahami oleh setiap muslim, membuat surat ini memiliki keistimewaan. Salah satunya sebagai media komunikasi Allah SWT terhadap hamba-Nya.

4. Berbagi makna dan pesan melalui surat dalam Alquran

Saat memahami segala isi yang ada dalam Alquran, Anda mampu mengetahui segala arti dan pesan yang ada. Semua pesan dan makna yang Anda ketahui, dapat dibagikan kepada sesama muslim maupun orang lain, dengan konsep berbagi dan belajar.

Hasil yang diraih dengan cara tersebut akan membuat Anda bertambah ilmu, pengalaman, dan cara pandang terhadap berbagai permasalahan yang ada di kehidupan. Anda dapat menyesuaikan hal tersebut dengan berlandaskan ilmu yang terdapat di dalam Alquran.

5. Membantu orang lain yang ingin belajar Alquran

Ketika Anda merasa cukup dengan apa yang sudah dipelajari, maka hal yang harus dilakukan adalah membantu orang lain untuk memperdalam Alquran. Mulai dari kegiatan kecil seperti membantu cara membaca hingga menerapkan ilmu yang ada di Alquran dalam kegiatan sehari-hari.

Membantu orang lain akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, apalagi membantu dalam hal kebaikan. Sebagai seorang muslim yang peduli sesama, penting untuk menebarkan segala kebaikan kepada banyak orang terutama dalam hal meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Manfaatkan momen Ramadan ini menjadi bulan yang berkesan untuk belajar dan meraih segala hal yang diinginkan. Terapkan ilmu agama dalam kehidupan, maka hidup Anda akan jauh lebih bahagia, aman, dan nyaman. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper