Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Nyamuk Wolbachia, Menkes Budi Tak Ambil Pusing usai Dapat Somasi

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin tidak ambil pusing setelah mendapatkan somasi terkait penggunaan teknologi nyamuk Wolbachia.
Viral Nyamuk Wolbachia, Menkes Budi Tak Ambil Pusing usai Dapat Somasi/Bisnis-Reyhan
Viral Nyamuk Wolbachia, Menkes Budi Tak Ambil Pusing usai Dapat Somasi/Bisnis-Reyhan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin tidak ambil pusing setelah mendapatkan somasi terkait penggunaan teknologi nyamuk ber-Wolbachia, belum lama ini.

Menkes Budi Gunadi membandingkan situasi tersebut dengan vaksinasi Covid-19 yang juga ditolak oleh sebagian masyarakat. Kendati demikian, pihaknya tetap melanjutkan program itu karena terbukti secara ilmiah.

“Wolbachia ini secara ilmiah sudah terbukti menurunkan insiden [demam berdarah] dengue di Jogja. Dan itu sudah jalan 10 tahun. Ini juga di WHO sudah diterima sebagai salah satu metode untuk bisa mengurangi dengue. Sudah masuk jurnal-jurnal ilmiah,” katanya saat ditemui wartawan di Gedung Kemenkes RI, Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, kelompok yang menolak penerapan teknologi Wolbachia untuk mengurangi risiko DBD merupakan kelompok yang sama dengan yang menolak vaksin Covid-19. Budi mengaku juga pernah mendapatkan somasi terkait vaksinasi.

“Dan ini kalo saya lihat yang menolak Wolbachia itu adalah sama persis, orang-orang sama yang menolak vaksin. Saya kembalikan ke masyarakat saja, lebih percaya yang mana,” tuturnya.

Dia melanjutkan, Kemenkes akan terus meneruskan program nyamuk ber-Wolbachia karena terbukti bermanfaat untuk masyarakat. Pihaknya akan berupaya memberikan penjelasan saintifik yang mudah dipahami orang awam.

“Kita percaya bahwa ini bermanfaat buat masyarakat, ya kita tetap jalankan. Sama seperti Wolbachia. Yang akan kita lakukan adalah menjelaskan secara lebih saintifik ke masyarakat untuk memahami,” pungkas Budi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, sejumlah organisasi masyarakat melayangkan somasi terhadap Budi Gunadi Sadikin selaku Menkes RI untuk menghentikan tindakan penyebarluasan nyamuk yang dimodifikasi dengan bakteri Wolbachia, karena dianggap dapat menimbulkan wabah baru.

Kemenkes sendiri telah menerapkan inovasi teknologi Wolbachia untuk menurunkan penyebaran DBD di Indonesia. Efektivitas teknologi Wolbachia telah diteliti sejak 2011 oleh World Mosquito Program (WMP) dan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Wolbachia merupakan bakteri yang hanya dapat hidup di dalam tubuh serangga, termasuk nyamuk. 

Berdasarkan sifat alaminya, Wolbachia tidak dapat bertahan hidup di luar sel tubuh serangga dan tidak bisa mereplikasi diri tanpa bantuan serangga inangnya. Bakteri Wolbachia secara alami ditemukan di dalam tubuh nyamuk aedes albopictus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper