Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MER-C Surati Jokowi, Minta Selamatkan RS Indonesia di Gaza Palestina

MER-C Indonesia meminta bantuan ke Jokowi karena rumah sakit Indonesia di Gaza saat ini bertahan di kegelapan dan keterbatasan. 
MER-C Surati Jokowi, Minta Selamatkan RS Indonesia di Gaza Palestina. Penyaluran bantuan untuk warga Palestina di Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza./dok, MER-C
MER-C Surati Jokowi, Minta Selamatkan RS Indonesia di Gaza Palestina. Penyaluran bantuan untuk warga Palestina di Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza./dok, MER-C

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola rumah sakit Indonesia di Gaza, Palestina MER-C memberikan surat terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atas situasi yang memburuk di Gaza, Palestina. 

Ketua Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad mengatakan bahwa rumah sakit Indonesia di Gaza saat ini berusaha untuk bertahan di kegelapan dan keterbatasan. 

"RS Indonesia kini mencoba tetap bertahan dan beroperasional di tengah kegelapan dan keterbatasan obat-obatan, karena ini adalah satu-satunya tumpuan harapan masyarakat Gaza Utara untuk berlindung dan mendapatkan akses pengobatan," katanya, dalam surat terbuka, Sabtu (11/11/2023). 

Adapun dalam surat terbuka tersebut, Sarbini menyatakan harapannya kepada Presiden Jokowi untuk melakukan perubahan dan menyelamatkan rumah sakit Indonesia di Gaza. 

"Akankah dunia dan kita bangsa Indonesia terus berdiam diri melihat hal ini? Untuk itu, sebagai perwakilan rakyat Indonesia, atas nama bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki asset Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, kami berharap Bapak Presiden dengan segala kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki untuk dapat melakukan perubahan dan menyelamatkan RS Indonesia di Jalur Gaza," ujarnya. 

Dia mengungkapkan harapannya kepada Presiden Jokowi untuk bisa menekankan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk segera melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza. 

"Kami berharap, pada kesempatan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Bapak dapat menyampaikan hal ini, memberikan tekanan kepada dunia, khususnya kepada Amerika Serikat agar segera mengadakan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menyelamatkan Rumah Sakit Indonesia dari serangan Israel," ucapnya. 

Sementara itu, dia menegaskan bahwa rumah sakit Indonesia di Gaza saat ini sudah menjadi sasaran rudal, serangan dari pasukan Israel. 

"Rumah Sakit Indonesia, asset bangsa Indonesia yang berada di Gaza bagian Utara yang dibangun dari dana rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, yang pembangunannya dikerjakan oleh tangan anak-anak bangsa tak luput menjadi sasaran. Berbagai fitnah dan framing disebarkan Israel untuk melegitimasi serangan terhadap RS Indonesia," ujarnya. 

Kemudian dia menjelaskan bahwa masih terdapat tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi relawan di rumah sakit Indonesia di Gaza. 

"Sebagai informasi bagi Bapak, saat ini 3 relawan MER-C, WNI, masih berada di Jalur Gaza, di RS Indonesia untuk menyalurkan bantuan amanah dari rakyat Indonesia untuk warga Palestina di Jalur Gaza," tambahnya. 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Washington DC pada 13 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper