Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadir di KTT Asean 2023, Siapa Kamala Harris yang Katanya "Orang Kuat AS"?

Kamala Harris bikin heboh lantaran datang ke KTT Asean 2023 di Jakarta, siapakah dia?
Sosok Kamala Harris/Akbar Nugroho gumay
Sosok Kamala Harris/Akbar Nugroho gumay

Prestasi Penting Lainnya

Jaksa Agung California

Pada bulan November 2010, Harris menjadi wanita pertama dan Jaksa Agung California Amerika berkulit hitam dan Asia Selatan pertama, mengalahkan Jaksa Wilayah Los Angeles County Steve Cooley dalam pencalonan.

Ia segera mengambil tindakan dengan menarik diri dari perundingan penyelesaian dengan lima lembaga keuangan terbesar di negara atas praktik hipotek yang tidak patut, dan pada akhirnya menyelesaikan pembayaran lima kali lipat dari jumlah yang diusulkan semula.

Sebagai Jaksa Agung, Harris menciptakan Open Justice, sebuah platform online yang menyediakan data peradilan pidana kepada masyarakat luas.

Basis data ini telah membantu meningkatkan akuntabilitas polisi dengan membuat tabulasi jumlah kematian dan cedera dari mereka yang berada dalam tahanan polisi. Dia juga memimpin pembentukan “Operasi Boo,” sebuah jam malam wajib bagi semua pelaku kejahatan seks tunawisma pada Halloween.

Senator AS untuk California

Setelah dia mengalahkan Loretta Sanchez pada tahun 2016, Harris menjadi orang Amerika keturunan Asia Selatan pertama yang masuk Senat AS.

Pertanyaannya yang tajam terhadap saksi-saksi penting seperti Jaksa Agung AS saat itu Jeff Sessions dan calon Mahkamah Agung Brett Kavanaugh mendapat pujian tinggi dari sayap kiri. 

Di Senat, Harris mendukung sistem pelayanan kesehatan dengan pembayar tunggal dan memperkenalkan undang-undang untuk memberikan bantuan keuangan kepada mereka yang menghadapi kenaikan biaya perumahan.

Menurut GovTrack, Harris lebih jarang mengikuti rancangan undang-undang bipartisan dibandingkan semua anggota Senat Demokrat lainnya, dan dari 696 rancangan undang-undang yang disponsori bersama, hanya 14% yang diajukan oleh Partai Republik. 

Di sisi lain, ia menerima dukungan bikameral (DPR dan Senat) pada lebih banyak rancangan undang-undang dibandingkan anggota Senat lainnya dan memiliki sponsor terbanyak dalam rancangan undang-undangnya dibandingkan siapapun di kelasnya.

Kemudian pada 20 Januari 2021, Kamala Harris telah resmi dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Dia mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat Wapres AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper