Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi dan PM Australia Anthony Sepakati 5 Kerja Sama: Baterai EV hingga IKN

Presiden Jokowi dan PM Anthony Albanese memastikan terdapat lima prioritas kerja sama di antaranya soal baterai EV hingga investasi di IKN
Jokowi dan PM Australia Anthony Sepakati 5 Kerja Sama: Baterai EV hingga IKN / Setpres
Jokowi dan PM Australia Anthony Sepakati 5 Kerja Sama: Baterai EV hingga IKN / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Anthony Albanese menyepakati lima prioritas kerja sama di sejumlah bidang antara Indonesia dan Australia.

Hal ini dia sampaikan usai melakukan pertemuan kenegaraan dengan PM Australia di Admiralty House, Sydney, Selasa (4/7/2023).

Pertama, Indonesia dan Australia harus membangun kerja sama ekonomi yang lebih substantif dan strategis melalui pengembangan bersama produksi baterai electric vehicle (EV).

“Kedua, terkait perdagangan sejak berlakunya Indonesia Australia CEPA volume perdagangan naik 90 persen ini akan terus dioptimalkan melalui kerjasama mutual recognition agreement produk perikanan, karantina dan inspeksi buah-buahan serta peningkatan kapasitas UMKM,” ujarnya dalam forum tersebut.

Ketiga, Jokowi menegaskan prioritas kerja sama lainnya terkait dengan pengurangan emisi karbon kita fokus mendorong implementasi kerja sama dan pembangunan karbon capture and storage serta smelter orientasi energi hijau di Indonesia.

Selanjutnya, Kepala Negara menjabarkan bahwa prioritas keempat adalah terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Indonesia mendorong sektor swasta Australia dan nasional Capital authority Australia untuk bekerjasama dengan otoritas IKN.

Terakhir, Presiden Ke-7 RI itu bersama dengan PM Australia juga menyepakati kerja sama terkait dengan isu regional dan global, salah satunya posisi Indonesia dan Asean.

“Saya menyampaikan posisi Indonesia dan Asean sangat jelas ingin Indopasifik menjadi kawasan yang damai dan stabil yang mengedepankan kolaborasi dan kerjasama konkret,” katanya.

Oleh sebab itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku mengapresiasi dukungan Australia pada keketuaan Indonesia di Asean dan mengajak Australia untuk memperkuat kemitraan di Pasifik Selatan melalui kerja sama trilateral dan berpartisipasi dalam Asean Indo Pacific forum.

“Saya juga menantikan kehadiran perdana menteri Albanese di Jakarta pada September tahun ini. Sekali lagi, terima kasih Perdana Menteri Albanese atas sambutan hangat, kami senang dapat berkunjung kembali ke Australia,  sejak Annual Leaders Meeting tahun lalu di Bogor telah banyak perkembangan positif dan terima kasih untuk komitmen-komitmennya,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper