Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maruf Amin Minta Menteri Kabinet Indonesia Maju Jangan Sibuk Pemilu 2024

Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin mengimbau agar para menteri Kabinet Indonesia Maju tak terlalu sibuk dengan urus Pemilu.
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin pada peluncuran proyeksi penduduk 2025–2050 di JCC Senayan, Selasa (16/5/2023). JIBI/Bisnis- Akbar Evandio
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin pada peluncuran proyeksi penduduk 2025–2050 di JCC Senayan, Selasa (16/5/2023). JIBI/Bisnis- Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengimbau agar para menteri Kabinet Indonesia Maju tak terlalu sibuk dengan urusan pemilihan umum atau pemilu 2024 mendatang.

Dia meminta para menteri yang akan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI maupun calon presiden (capres) pada tahun mendatang tidak mengabaikan tugasnya dan hanya fokus pada kepentingan politik Pemilu.

"Saya kira saya sudah beberapa kali sudah membuat seruan jangan sampai menteri mengabaikan tugasnya," ujarnya usai membuka Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023, dikutip melalui Youtube Setwapres, Rabu (24/5/2023).

Wapres Ke-13 RI itu pun mengatakan, imbauan serupa juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tetap fokus bekerja, bahkan disebutnya ada ganjaran bagi menteri yang tidak bekerja dengan baik untuk menerima konsekuensi diganti dan dikeluarkan dari kabinet.

"Presiden sudah mengatakan menteri-menteri tidak boleh mengabaikan tugasnya. Kalau nanti sampai tugasnya tidak dilaksanakan dengan baik juga akan di-reshuffle. Saya kira itu, sudah ada pernyataan dari Presiden," imbuhnya

Oleh karena itu, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu meminta agar para menteri tetap memprioritaskan tugas Negara sebagai anggota kabinet dan memastikan program Pemerintahan terus berjalan dan tidak terganggu.

"Sekali lagi, saya meminta dan saya berpesan pada para menteri yang nyaleg dan nyapres supaya tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri, sebagai pembantu Presiden dengan baik," pungkas Ma’ruf.

Sekadar informasi, sebanyak tujuh menteri dan wakil menteri dari Kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Pemilu 2024. Delapan pembantu presiden itu diusung sebagai caleg oleh enam partai politik.

Nama-nama tersebut diantaranya yakni Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menjadi bakal caleg DPR RI dari PDIP, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga maju sebagai bakal caleg DPR RI dari Partai Nasdem, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar maju sebagai caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain itu, nama lain adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah juga yang maju sebagai bakal caleg DPR RI dari PKB, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor sebagai bakal caleg DPR RI dari Partai Bulan Bintang (PBB), Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesodibjo bakal caleg DPR RI dari Perindo.

Adapun, menteri yang menyatakan akan maju sebagai calon presiden (capres) adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper