Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar

Beberapa hal mengenai contoh artikel ilmiah ini perlu kamu ketahui.
Contoh artikel ilmiah/Jasa Penulis Artikel
Contoh artikel ilmiah/Jasa Penulis Artikel

Bisnis.com, JAKARTA - Contoh artikel ilmiah bisa menjadi acuan dalam membuat artikel ilmiah yang baik dan benar. Artikel ilmiah merupakan karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. 

Contoh artikel ilmiah bisa dibuat dengan mengikuti kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang benar. Penulisan artikel ilmiah ini digunakan untuk menjadi sebuah referensi baru, dikaji secara ulang dan didiskusikan lagi, baik secara lisan maupun dengan tertulis. 

Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah

  1. Judul artikel.
  2. Nama penulis.
  3. Abstrak dan kata kunci.
  4. Pendahuluan.
  5. Metode penelitian.
  6. Hasil penelitian.
  7. Pembahasan.
  8. Kesimpulan dan saran.
  9. Pernyataan ucapan terimakasih.
  10. Daftar Pustaka.


Jenis Artikel Ilmiah

1. Konseptual

Artikel konseptual yang dilakukan kajian berdasarkan gagasan penulis serta opini yang dilakukan penulis itu sendiri. Gagas serta opini yang disampaikan dalam artikel ilmiah ini tentu saja harus dilandasi pada teori-teori serta studi Pustaka. 

2. Penelitian

Artikel ilmiah penelitian yang dilakukan seseorang berdasarkan penelitian yang sudah dikaji lebih dalam, baik menggunakan metode penelitian kualitatif ataupun menggunakan metode penelitian kuantitatif. Artikel ini berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut, seperti potensi disajikan sebagai jurnal internasional. 

3. Populer

Jenis artikel ilmiah ini bisa diberi pengertian sebagai tulisan ilmiah berdasarkan pada kajian yang sedang dialami oleh masyarakat. Kejadian ini sendiri dipengaruhi dengan ruang dan waktu terbatas. 

Contoh Artikel Ilmiah Singkat

Judul : Potensi Kerajinan Tangan dari Serat Alam

BAB I Pendahuluan 

Latar Belakang 

Indonesia sebagai salah satu negara tropis yang sudah pasti memiliki sumber daya yang berlimpah, termasuk dalam kekayaan alam. Salah satu hasil kekayaan alam yang bisa dijadikan bisnis adalah serat alam. Bahkan Sebagian besar dari serat alam tersebut hanya bisa ditemukan di Indonesia. Hal ini bisa dijadikan sebagai potensi bisnis tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. 

Beberapa serat alam yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan adalah eceng gondok, daun pandan, serabut kelapa, pelepah pisang, rotan dan lain sebagainya. Setiap serat alam yang sudah disebutkan tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang khas. Hal ini mampu menarik minat wisatawan mancanegara untuk membeli kerajinan ini, karena memang unik dan tidak ada di negaranya. 


Rumusan masalah 

  • Apa sajakah serat alam yang berpotensi dijadikan kerajinan tangan?
  • Bagaimana proses pembuatan kerajinan tangan tersebut?
  • Apa saja jenis produk yang bisa dibuat dari serat alam?

Tujuan penelitian 

  • Untuk menyelesaikan tugas dari PKK.
  • Berbagi wawasan kepada pembaca.
  • Membagi informasi tentang kekayaan Indonesia berupa serat alam.
  • Meningkatkan nilai jual serat alam khas Indonesia. 

BAB II Pembahasan 

Pengertian serat alam dan jenisnya 

Ada banyak sekali jenis serat alam yang bisa dijadikan kerajinan tangan dan berasal dari bahasa indonesia. Beberapa jenis tumbuhan tersebut adalah:

  • Eceng gondok 
    Tumbuhan eceng gondok dikenal sebagai tumbuhan air yang bisa tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali. Sebelum dijadikan bahan untuk kerajinan tangan. Tumbuhan yang satu ini biasa mengganggu ekosistem ikan dengan nilai ekonomi yang rendah. 
  • Daun pandan 
    Serat alam yang sudah lama menjadi primadona dalam pembuatan kerajinan tangan adalah daun pandan. Daun yang satu ini memiliki serat yang juga kuat, meskipun tidak sekuat eceng gondok. Tumbuhan pandan juga masuk ke dalam tumbuhan yang mudah dicari, sehingga pemanfaatan dari segi ekonomi bisa berlangsung dalam industri pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar daun pandan. 
  • Sabut kelapa 
    Pohon kelapa sudah lama dikenal sebagai pohon yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Bahkan sabut kelapa juga bisa dijadikan banyak sekali produk kerajinan tangan bernilai tinggi. 
  • Kulit jagung 
    Material yang satu ini biasa dimanfaatkan menjadi berbagai hiasan dinding yang berbentuk rangkaian bunga. Nilai jual dari kerajinan tangan yang satu ini juga cukup tinggi. 


Proses pembuatan Kerajinan Tangan Serat Alam

Prinsip dari penggunaan serat alam sebagai bahan baku kerajinan tangan adalah pengeringan.  Proses pengeringan membuat serat alam memiliki ketahanan penyimpanan lebih lama dibandingkan dengan serat alam basah. Setelah itu, serat alam di bleaching, sehingga warnanya lebih muda dan tidak terlalu coklat. 


BAB III Penutup 

Ada banyak sekali hasil kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan serat alam. Serat alam rotan bisa digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga. Sedangkan berbagai jenis serat alam lainnya biasa menjadi tas ataupun keranjang. 

Itulah beberapa contoh artikel ilmiah yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper