Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto-foto 4 Venue Utama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, Keren Banget!

Berikut foto-foto 4 venue utama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Mulai dari Hotel Ayana hingga Puncak Waringin.
Hotel Meruorah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk acara puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Dok Hotel Meruorah.
Hotel Meruorah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk acara puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Dok Hotel Meruorah.

Bisnis.com, LABUAN BAJO - Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-42 Asean 2023 akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Sumiati mengungkapkan ada 4 lokasi atau venue utama yang akan digunakan untuk acara KTT Asean 2023.

Keempat venue tersebut, yaitu Hotel Bintang Flores untuk media center, Puncak Waringin untuk Spouse Programme, Hotel Ayana untuk welcoming dinner, dan Hotel Meruorah untuk konferensi Kepala Negara Asean.

“Saat ini, kami terus melakukan pekerjaan untuk merampungkan semua venue jelang puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo,” ujarnya saat site visit KTT Asean di Puncak Waringin dan Hotel Ayana, Selasa (2/5/2023).

Setelah sukses menggaungkan pariwisata Bali dalam KTT G20, pemerintah Indonesia kini memperkenalkan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata yang tak kalah indah dibandingkan Pulau Dewata.

Labuan Bajo merupakan salah satu wilayah di Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo terkenal dengan ikon Komodo, spesies reptil terbesar di dunia. Selain komodo, Labuan Bajo juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Berikut 4 lokasi yang akan menjadi venue utama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo

1. Hotel Bintang Flores (Media Center)

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan media center resmi di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumiati mengatakan kapasitas media center KTT Ke-42 Asean 2023 dapat menampung hingga 340 jurnalis.

“Hingga Selasa [2/5/2023], sebanyak 319 orang baik dari media nasional, media ofisial, dan koresponden media asing telah diverifikasi dalam pendaftaran peliputan KTT Ke-42 Asean,” ujarnya, hari Selasa (2/5/2023).

Dia mengatakan ada tiga area yang disulap untuk menjadi media center di Hotel Bintang Flores. Ketiga area tersebut, yaitu Ballroom utama, restoran dan taman, serta kamar-kamar di hotel tersebut.

Penanggung Jawab Media Center KTT Ke-42 Asean Rully Harya mengatakan pihaknya telah membangun ruangan di area taman yang dapat digunakan oleh jurnalis dari dalam dan luar negeri.

Selain media center, Kemenkominfo juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang antara lain working station berupa komputer, koneksi internet wi-fi, jaringan LAN, makan siang, mini studio, standupper, serta beberapa booth media.

Foto-foto 4 Venue Utama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, Keren Banget!

2. Puncak Waringin (Spouse Programme)

Selain media center untuk jurnalis, pemerintah juga mempercepat penyelesaian tempat atau venue yang akan digunakan untuk menjamu kepala negara dan ibu negara Asean. Salah satunya Puncak Waringin. 

“Infrastruktur bangunan Puncak Waringin di Labuan Bajondisiapkan menjadi tempat Spouse Program, kegiatan bagi pasangan para kepala negara ASEAN yang hadir dalam ASEAN Summit. Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei 2023 pukul 08.00 WITA,” ujar Sumiati.

Nantinya, kata dia, pasangan dari para kepala negara akan disambut di depan halaman kawasan Puncak Waringin lalu berjalan di atas karpet merah menuju ke dalam kawasan.

Di area dalam kawasan Puncak Waringin, istri dari para kepala negara tersebut disambut oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk melihat pameran UMKM seperti tenun, kopi, dan kelor khas NTT.

Selain itu, ada pertunjukan tari dan musik yang akan disajikan di area halaman dalam kawasan Puncak Waringin. 

“Merekan akan menikmati morning tea dan family photo. Acaranya kurang lebih satu jam dan itu tertutup. Hanya host saja yang bisa foto di sini," ucap Sumiati.

Foto-foto 4 Venue Utama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, Keren Banget!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper