Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centang Biru Twitter Secara Misterius Kembali, Bahkan Untuk Orang yang Sudah Meninggal

Para selebriti dan tokoh masyarakat menyangkal telah membayar US$8 per bulan untuk mendapatkan tanda centang biru.
Ilustrasi logo Twitter dan foto Elon Musk./Reuters-Dado Ruvic
Ilustrasi logo Twitter dan foto Elon Musk./Reuters-Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah pengguna Twitter dengan banyak pengikut kebingungan lantaran akunnya kembali di lengkapi dengan centang biru, meskipun mereka mengaku tidak membayar US$8 atau setara Rp119 ribu per bulan untuk langganan tersebut.

Para selebriti dan tokoh masyarakat menyangkal telah membayar US$8 per bulan untuk mendapatkan tanda centang biru tersebut, meskipun ada label yang menyatakan bahwa akun tersebut terverifikasi karena mereka berlangganan Twitter Blue dan telah memverifikasi nomor telepon mereka.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (24/4/2023), seperti diketahui, logo centang biru lama yang tidak berbayar telah dihapus minggu lalu sebagai bagian dari upaya miliarder Elon Musk guna meningkatkan pendapatan.

Munculnya logo centang biru Twitter Secara Misterius sontak menghebohkan para pemilik akun, bahkan uniknya pemilik akun logo burung biru yang sudah lama meninggal pun dilengkapi dengan lebel tersebut.

"Bagi yang penasaran, saya tidak berlangganan Twitter Blue. Saya tidak memberikan nomor telepon saya kepada siapa pun," cuit penulis fantasi Neil Gaiman.

Aktor Inggris Ian McKellen mengatakan tidak membayar untuk pengakuan. Bahkan Museum Negara Bagian Auschwitz-Birkenau, yang juga menerima tanda biru, berusaha mengklarifikasi bahwa mereka tidak pernah berlangganan dan membayar untuk layanan tersebut.

Twitter telah menuai kecaman karena perubahan kebijakan serta serangkaian pemadaman sejak Elon Musk mengambil alih platform ini dengan nilai US$44 dan memecat banyak karyawannya.

Para pengguna dengan cepat berspekulasi tentang label tersebut secara otomatis diberikan kepada akun yang telah mencapai satu juta pengikut. Namun, tampaknya ada pengecualian utama, dengan profil bintang seperti aktor Ryan Reynolds yang masih belum mendapatkan centang biru yang pernah dimilikinya, meskipun memiliki lebih dari 21 juta pengikut.

Lebih banyak kebingungan yang terjadi setelah orang-orang menyadari bahwa akun-akun tokoh-tokoh yang sudah meninggal pun juga mendapatkan centang biru, seperti koki selebriti Anthony Bourdain meninggal pada 2018 dan pemain National Basketball Association Kobe Bryant yang meninggal pada 2022.

Setelah dua hari, akun kami mendapatkan centang biru kembali. Sepertinya ini ada hubungannya dengan perubahan akun 1 juta pengikut yang dilakukan oleh Twitter. Akan tetapi, kami berkewajiban untuk mengklarifikasi bahwa Memorial tidak pernah berlangganan dan membayar untuk Twitter Blue seperti yang tersirat," cuit Auschwitz Memorial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper