Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arah Puncak Macet Panjang Hari Ini

Mau liburan ke puncak hari ini? Ada kemacetan panjang yabg harus Anda lewati.
Antrean kendaraan memadati jalur puncak Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/4)./JIBI-Nurul Hidayat
Antrean kendaraan memadati jalur puncak Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/4)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Posko Mudik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sapta Taruna melaporkan Cikretek yang memantau ruas Jalan Ciawi Benda, Rusdi Fahmi melaporkan terjadi kemacetan cukup panjang dari Jakarta menuju arah Puncak pada hari ini. 

"Kemacetan disebabkan volume kendaraan yang cukup banyak keluar masuk kendaraan pada Simpang Megamendung," kata Fahmi seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (23/4/2023).

Sementara itu, petugas Posko Siaga Sapta Taruna, Daniel melaporkan pantauan arus lalu lintas (lalin) dari ruas Cilodong Depok Batas Kota Bogor terlihat ramai lancar. 

"Begitu juga kondisi arus lalin di ruas Jalan Batas Depok sampai Bogor tepatnya di depan Ramayana Parung terlihat peningkatan volume kendaraan setelah salat Idulfitri namun ramai lancar," kata Daniel.

Sementara itu, arus lintas di seluruh Jalan Nasional di Pulau Jawa terpantau ramai lancar pada hari Lebaran, Minggu (23/4/2023). 

Adapun terdapat 8 posko pemantauan arus lalu lintas di Provinsi Banten, 23 posko di Provinsi Jawa Barat, 22 posko di Provinsi Jawa Tengah dan DIY, dan 9 posko di Provinsi Jawa Timur.

Dari ruas Jalan Cirebon-Palimanan-Sumedang, petugas Posko Siaga Sapta Taruna Kementerian PUPR melaporkan, terpantau kendaraan dari Jakarta-Bandung dan sebaliknya tepatnya di ruas Jalan Ahmad Yani terpantau ramai lancar dan terjadi volume penurunan kendaraan pada hari pertama Lebaran.

Sementara dari jalur lintas tengah Provinsi Jawa Barat yang menghubungkan Jawa Barat dengan Provinsi Banten, Unang salah satu petugas Posko melaporkan, kondisi lalin di  Jalan Abd bin Nuh terpantau ramai lancar di kedua arah baik yang menuju Simpang Yasmin maupun yang menuju Bubulak. 

"Selanjutnya dari ruas Kemang Kedunghalang arus lalu lintas yang menuju arah Parung Kota Bogor dan Dramaga juga terpantau ramai lancar," ujarnya. 

Di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya dari Posko Siaga Sapta Taruna di exit Tol Bawen KM34 ruas Bawen Kota Salatiga, dilaporkan kondisi lalin dari Semarang menuju Solo dan sebaliknya terpantau ramai lancar. 

Sementara di Posko Siaga Sapta Taruna di ruas Jalan Batas Kota Boyolali-Kartosuro, dilaporkan kondisi lalin dari Solo menuju Semarang terpantau sedikit padat. 

"Sementara dari arah Semarang menuju Solo terpantau ramai lancar," kata Wahyu Gatot. 

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah pengguna angkutan umum selama arus mudik pada H-8 hingga H-1 tercatat menembus angka 6,49 juta orang. Data dari Kementerian Perhubungan menyebutkan, jumlah pengguna angkutan umum pada H-8 hingga H-1 mencapai 6.494.223 orang, atau meningkat 11,04 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5.848.532 orang.

Adapun, pergerakan ini dipantau melalui Posko Angkutan Lebaran Terpadu yang melihat pergerakan penumpang dan kendaraan dari 111 terminal, 16 Pelabuhan Penyeberangan, 51 Bandar Udara, 110 Pelabuhan Laut, 13 Daop/Divre, 42 Gerbang Toll dan 20 ruas Jalan Arteri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper