Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Dapat Hibah 15 Unit Rantis Bushmaster Senilai Rp291,5 Miliar

Indonesia mendapatkan hibah 15 unit kendaraan taktis (Rantis) Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) dari Australia.
Ilustrasi Rantis. /PINDAD
Ilustrasi Rantis. /PINDAD

Bisnis.com, JAKARTA- Indonesia mendapatkan hibah 15 unit kendaraan taktis (Rantis) Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) dari Australia

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M Herindra menyatakan bahwa 15 unit Rantis tersebut terdiri dari 13 unit tipe Troops, 1 unit tipe Command dan 1 unit tipe Ambulance. 

Menurutnya, kendaraan taktis hasil hibah dari Australia tersebut dapat dioperasikan dalam kurun waktu 20 tahun ke depan.

Dia juga menyatakan bahwa total nilai hibah Rantis Bushmaster dari Australia sebesar AUD 29.075.441 atau setara Rp291,57 miliar. 

Wamenhan RI menjelaskan bahwa Rantis Bushmaster adalah kendaraan taktis yang cocok digunakan untuk medan padang pasir dan dapat mengangkut hingga 8 pasukan bersenjata lengkap.

Lalu, bagian bawah kendaraan taktis itu didesain menggunakan V hull, untuk meminimalisir efek akibat ledakan ranjau darat (Mine Blasting)

"Kendaraan ini juga memiliki kemampuan Anti Blasting dari bahan peledak sampai dengan 10 kg dan Anti Balistic terhadap munisi kaliber 7,62 mm, serta dapat dilengkapi dengan peralatan Anti Jammer Electronic Counter Measure (ECM)," katanya, di Komisi I DPR RI, pada Senin (3/3/2023). 

Dia juga menjelaskan bahwa Kementerian Pertahanan RI dan TNI tidak mengeluarkan biaya apapun dalam penerimaan hibah tersebut. 

"Kemhan dan TNI tidak mengeluarkan biaya apapun dalam penerimaan hibah dari pemerintah Australia untuk PMPP TNI," lanjutnya. 

Sementara itu, Panglima TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa hibah Rantis Bushmaster tersebut akan meningkatkan kesiapan operasional PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI RI dalam rangka mendukung operasi perdamaian dunia. 

"Penerimaan hibah ini dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Australia khususnya dalam bidang pertahanan dan operasi perdamaian," katanya. 

Selain itu, dia menekankan bahwa hibah tersebut dapat mengurangi anggaran negara yang dialokasikan untuk PMPP TNI.  "Hibah tersebut dapat mengurangi anggaran dana pemeliharaan dari item yang sama bagi PMPP TNI untuk jangka waktu 3 sampai 5 tahun ke depan, sehingga menghemat anggaran negara yang dialokasikan untuk PMPP TNI," tambahnya. 

Selain itu, Komisi I DPR RI setelah mendengarkan penjelasan Wamenhan RI dan Panglima TNI terkait hibah tersebut, sebanyak 8 dari 9 fraksi partai telah menyetujui hibah 15 unit Rantis Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) dari pemerintah Australia tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper