Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Sore Ini, Siapa Sosoknya?

Jokowi bakal melantik Menpora pengganti Zainudin Amali dan Kepala BNPT pada hari ini, Senin (3/4/2023).
Dito Ariotedjo Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar./Wikipedia
Dito Ariotedjo Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar./Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dbakal melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada hari ini, Senin (3/4/2023).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan pelantikan akan dilakukan pada sore ini di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Tak hanya itu, Kepala Negara juga akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Nama-namanya kami belum dapat informasi, tetapi akan dilantik sore nanti,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Senin (3/4/2023).

Menurut informasi yang diterima Bisnis, sosok yang akan dilantik oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut pada hari ini adalah Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dan Komjen Polisi Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Bahkan, dirinya juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Untuk pengalaman di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Tak hanya itu, saat ini dia juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). 

Sedangkan Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. 

Untuk diketahui, Rycko merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988 dengan meraih predikat lulusan terbaik. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966, tersebut berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelumnya, Jokowi telah mengabarkan terkait dengan rencana pelantikan Menpora usai Zainudin Amali mundur, dimana mengatakan bakal menggelar pelantikan Menpora baru dalam waktu dekat.

"Minggu depan," ujarnya kepada wartawan usai kegiatan peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido di Bogor, Jumat (31/3/2023)

Sinyal mengenai pelantikan Menpora baru juga diungkapkan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Apalagi, kursi Menpora memang merupakan jatah Partai Golkar.

"Menpora katanya segera dilantik," kata Airlangga di Kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper