Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Kominfo Komitmen Dorong Literasi Digital di Papua

Upaya itu dilakukan dengan menggelar workshop jurnalistik dan literasi digital bagi pelajar maupun mahasiswa di Jayapura, Papua.
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com,JAKARTA – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen mendorong literasi digital di Tanah Papua. 

Upaya itu dilakukan dengan menggelar workshop jurnalistik dan literasi digital bagi pelajar maupun mahasiswa di Jayapura, Papua, bekerja sama dengan Ikatat Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN).

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo Bambang Gunawan mengatakan, kegiatan itu digelar pada awal Maret 2023 di Jayapura. 

 “Kegiatan itu bertema Peningkatan Kapasitas Jurnalistik Di Era Digital Bagi Mahasiswa Papua diikuti oleh 30 mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Jayapura seperti Universitas Cenderawasih, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura  dan Universitas Muhammadiyah Papua,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Menurutnya, kegiatan pelatihan jurnalistik dan literasi digital ini sangat perlu mengingat era saat ini adalah digitalisasi. Pemerintah, lanjutnya, menyadari bahwa masyarakat memiliki hak atas informasi yang berkualitas, yang berdasarkan fakta, yang mendidik, mencerahkan, dan memberdayakan, serta membangun nasionalisme.

Untuk itu, kata dia, sebagai bagian dari implementasi kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan yang mengedepankan pengembangan dan peningkatan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia Indonesia.

Salah satunya melalui pelatihan jurnalis untuk mahasiswa Papua. Jurnalis adalah tonggak demokrasi, bahkan adalah poros yang menjaga keseimbangan penyelenggara negara lainnya, yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

Ketua Umum Pengurus Pusat IJPN, Roberthus Yewen  mengatakan, workshop jurnalistik bagi mahasiswa sangat penting, karena selain untuk peningkatan literasi jurnalistik, mahasiswa juga dituntut untuk lebih banyak menulis tentang kehidupan orang Papua.

"Terutama bagaimana mereka mengangkat pena untuk bisa menulis tentang kedamaian dan solidaritas tetapi juga bisa mengeksplor potensi-potensi wisata dan budaya orang Papua," ujar Yewen.

Menurutnya potensi wisata dan budaya orang Papua yang begitu luar biasa jarang sekali ditulis atau dipublikasikan melalui media massa dan media sosial. 

“Pelatihan itu pelatihan seperti ini sangat penting, sangat berguna bagi generasi muda Papua, karena selain untuk peningkatan literasi jurnalistik, mahasiswa juga dituntut untuk lebih banyak menulis tentang kehidupan orang Papua itu sendiri,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper