Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serangan Rusia Lumat Sistem Rudal HIMARS AS dan NASAMS Norwegia!

Pasukan Rusia berhasil menghancurkan sistem rudal HIMARS buatan AS dan NASAMS buatan Norwegia.
HIMARS atau MLRS adalah sistem roket peluncuran berganda berteknologi tinggi yang dipasang di roda, memberikannya lebih banyak kelincahan dan kemampuan manuver di medan perang./wikipedia
HIMARS atau MLRS adalah sistem roket peluncuran berganda berteknologi tinggi yang dipasang di roda, memberikannya lebih banyak kelincahan dan kemampuan manuver di medan perang./wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Pertarungan sengit terus terjadi antara pasukan Rusia dengan Ukraina dalam konflik yang sudah berlangsung hampir setahun. Pasukan Rusia yang kini berada di atas angin bahkan terus berupaya memborbardir wilayah-wilayah Ukraina.

Pada hari ini, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa serangan dengan penerbangan operasional-taktis, tembakan artileri dari kelompok pasukan "Barat" membunuh 40 prajurit Ukraina.

Selain itu mereka menghancurkan sebuah kendaraan tempur lapis baja, dan radar anti-baterai AN/TPQ-50 buatan AS. Kemhan Rusia juga menyatakan bahwa pasukannya telah menghancurkan gudang amunisi artileri Ukraina Blagodatovka, wilayah Kharkiv.

Di arah Krasno-Limansky, tembakan artileri dan tindakan ofensif dari kelompok pasukan "Pusat", mengalahkan lebih dari 70 prajurit Ukraina. Mereka menghancurkan dua kendaraan tempur lapis baja, kendaraan tempur infanteri, howitzer D-20, dan sistem artileri M-777 buatan AS.

“Gudang amunisi Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan di dekat pemukiman Krasny Liman di Donetsk,” ujar Juru Bicara Kemhan Rusia Igor Konashenkov, Jumat (3/2/2023).

Sementara itu, dari arah Donetsk, operasi ofensif dari unit kelompok pasukan "Selatan" mengambil garis dan posisi yang lebih menguntungkan. Siang harinya, Rusia menghancurkan hingga 40 prajurit Ukraina, howitzer MSTA-B, serta radar kontra-baterai AN/ TPQ-37 buatan AS.

Fasilitas penyimpanan bahan bakar untuk peralatan militer Ukraina dihancurkan di dekat pemukiman Krasnoarmeysk di Donetsk. Selain itu, dua gudang amunisi Ukraina dihancurkan di wilayah permukiman Kurakhovka dan Mikhailovka di Donetsk.

Di arah Zaporozhye, tembakan artileri kelompok pasukan Vostok mengalahkan brigade pertahanan teritorial ke-108 dan ke-110 di wilayah pemukiman Levadne, Marfopol dan Lugovskoye di wilayah Zaporozhye.

“Kerugian musuh di daerah ini per hari berjumlah lebih dari 20 prajurit Ukraina, sistem artileri M-777 buatan AS, dua howitzer D-20, dan howitzer D-30.”

Adapun di arah Kherson, howitzer self-propelled Akatsiya dan dua tunggangan artileri self-propelled Gvozdika Ukraina hancur selama pertarungan kontra-baterai dengan pasukan Rusia.

Sedangkan di kawasan desa Antonovka, wilayah Kherson, sebuah peluncur sistem roket multipeluncur HIMARS buatan AS dihancurkan. “Selain itu, tiga gudang dengan amunisi Angkatan Bersenjata Ukraina dihantam di wilayah pemukiman Kazatskoe, Nikolaevka dan Mikhailovka di wilayah Kherson.”

Serangan Rusia

Igor menambahkan bahwa serangan penerbangan operasional-taktis, pasukan rudal dan artileri Rusia mengalahkan 86 unit artileri Ukraina pada posisi tembak, termasuk peralatan militer di 103 distrik.

Di daerah pemukiman Krasnoarmeysk di Republik Rakyat Donetsk, peluncur rudal taktis Tochka-U dan sistem rudal anti-pesawat NASAMS yang diproduksi Norwegia hancur.

“Pesawat tempur Rusia menembak jatuh pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di dekat desa Chervonoarmeiskoye, wilayah Kherson,” imbuhnya.

Sementara itu, pada siang hari, sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh 7 kendaraan udara tak berawak Ukraina di area pemukiman Kotlyarovka di wilayah Kharkiv, Nikolskoye, Kirillovka di Republik Rakyat Donetsk, Kuzemovka, Kremennaya di Luhansk, dan juga Naked Pristan di wilayah Kherson.

Secara total, Rusia telah mengancurkan 382 pesawat, 206 helikopter, 3.008 kendaraan udara tak berawak, 403 sistem rudal antipesawat, 7.723 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 1.004 kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket, 3.988 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 8.255 unit kendaraan militer khusus Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper