Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

18 Februari Memperingati Hari Apa? Berikut Peristiwa Tanggal 18 Februari

18 Februari memperingati hari apa? Salah satu peristiwa penting yakni didirikannya kembali Keraton Kasunanan Surakarta pada 18 Februari 1745.
Ilustrasi kalender/Freepik.com
Ilustrasi kalender/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 18 Februari, dan biasanya diperingati setiap tahunnya.

Salah satu peristiwa penting yang di tanggal ini adalah didirikannya kembali Keraton Kasunanan Surakarta pada 18 Februari 1745 akibat dari pemberontakan yang terjadi di Kesultanan Mataram.

Selain itu, pada tanggal ini juga terjadi peristiwa penculikan dua wartawan MetroTV oleh sekelompok pria bersenjata di Irak.

Peristiwa Penting di Dunia yang Diperingati Pada Tanggal 18 Februari

Tanggal 18 Februari 1932 -adalah hari di mana Jepang berhasil menguasi sebagian dari wilayah Republik Rakyat Cina. Tepatnya Jepang berhasil mendirikan negara boneka Manchukuo yang terletak di sebelah timur lau RRC.

Tanggal 18 Februari 1745 – Keraton Kasunanan Surakarta didirikan di tepi Bengawan Solo. Selanjutnya Kota Surakarta menjadi ibu kota Kasunanan Surakarta.

Tanggal 18 Februari 2005 - masyarakat Indoensia sempat dihebohkan dengan peristiwa penculikan dua wartawan MetroTV oleh sekelompok pria bersenjata di Irak. Mereka adalah  Meutya Hafid dan juru kamera Budiyanto yang sedang bertugas di Irak.

Tanggal 18 Februari 1930 – dunia dibuat terkejut ketika Clyde Tombaugh menemukan planet Pluto. Clyde Tombaugh berhasil menemukan planet tersebut berdasarkan foto antariksa yang dibikin pada bulan Januari.

Tanggal 18 Februari 1911 - merupakan peristiwa bersejarah ketika penerbangan resmi pertama mengantarkan surat pos di Allahabad, Kemaharajaan Britania. Saat itu Henri Pequet, pilot berusia 23 tahun, mengirim 6.500 surat ke Naini yang berjarak kurang lebih 10 Km.

Tanggal 18 Februari 1965 – Hari bersejarah bagi masyarakat Gambia. Tepat pada tanggal ini Gambia resmi merdeka dari Britania Raya.

Tanggal 18 Februari 1979 – merupakan peristiwa penting di dunia dengan adanya hujan salju di Gurun Sahara terletak di selatan Aljazair. Peristiwa ini dicatat sebagai fenomena alam satu-satunya dalam sejarah.

Hari Lahir Tokoh Penting Pada 18 Februari

Tanggal 18 Februari 1951 - merupakan hari lahir tokoh terkenal di China yakni Chen Shui-bian. Ia merupakan Presiden Republik Tiongkok periode tahun 2000-2008.

Tanggal 18 Februari 1975 - adalah hari lahir Gary Neville, seorang legendaPemain Sepak Bola Inggris yang terkenal.

Tanggal 18 Februari 1990 – merupakan hari lahir Park Shin-hye. Ia merupakan aktris asal Korea Selatan yang berperan di berbagai drama dan film Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper