Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN Sebut Ridwan Kamil Tak Punya Saingan di Pilgub Jabar 2024

Eddy Soeparno mengatakan Ridwan Kamil belum punya saingan seimbang jika dirinya mencalonkan diri dalam Pilgub Jabar 2024.
Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar / BISNIS - Surya Dua Artha
Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan Ridwan Kamil belum punya saingan seimbang jika dirinya mencalonkan diri menjadi gubernur lagi dalam Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024.

Eddy menjelaskan elektabilitas Kang Emil, panggilan Ridwan Kamil, masih sangat tinggi di Jawa Barat. Sementara itu, para calon saingannya belum ada yang mendekati elektabilitas Kang Emil.

“Kalau di Jawa Barat menurut saya Pak Ridwan Kamil, elektabilitasnya tertinggi saat ini dan pesaing Pak Ridwan Kamil jauh di bawahnya,” ujar Eddy saat dijumpai di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023).

Oleh sebab itu, dia memperkirakan dalam Pilgub Jabar 2024, yang menjadi pertanyaan hanya soal siapa yang akan menjadi calon wakil gubernur untuk Kang Emil.

“Saya kira untuk Pilgub Jawa Barat, pertanyaannya adalah siapa yang akan menjadi pendamping Pak Ridwan Kamil,” jelas wakil ketua Komisi VII DPR itu.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengungkap, bahwa Kang Emil lebih diproyeksikan untuk kembali menjadi gubernur.

Sebagai informasi, Kang Emil resmi menjadi kader Golkar setelah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar pada Rabu (18/1/2023).

“Saya kira sebetulnya peluang besar Pak Emil untuk posisi jabatan berikutnya, Gubernur Jawa Barat,” ujar Doli saat ditemui DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, dikutip Kamis (19/1/2023).

Dia menjelaskan, ada dua alasan mengapa Kang Emil lebih berpeluang menjadi gubernur kembali. Pertama, dia merupakan Gubernur Jawa Barat petahana. Kedua, baru menjabat satu periode dan namanya masih masuk dalam tokoh-tokoh populer dalam survei.

“Jadi saya kira proyeksi ke depan paling visible [kelihatan], yang paling besar peluang, kembali menjadi cagub [calon gubernur],” ujar ketua Komisi I DPR itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper