Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Anggap Dirinya Setara dengan Jokowi, Begini Katanya

Puan Maharani membandingkan kinerjanya sebagai ketua DPR dengan Presiden Jokowi, terutama di kancah internasional.
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri

Bisnis.com, JAKARTA – Puan Maharani membandingkan kinerjanya sebagai ketua DPR dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terutama di kancah internasional.

Puan mencontohkan dalam pagelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTR) G20 beberapa waktu lalu. Ketika Jokowi mendapatkan banyak pujian ketika jadi ketua presidensi G20, dirinya juga akan menjadi ketua Parliamentary 20 (P20).

“Itu kemarin misalnya presiden itu sebagai ketua presidensi G20 kan wah. Saya juga ketua P20, parlemennya parlemen dunia,” ungkap Puan saat memberi kata sambutan dalam bimbingan teknis pimpinan daerah PDIP di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Selain itu, Jokowi juga terpilih jadi ketua KTT ASEAN 2023. Puan juga mengungkapkan dirinya kini jadi ketua parlemen ASEAN 2023.

Tak hanya itu, Puan mengaku ketika dirinya ke luar negeri, para kepala negara juga ingin bertemu dengannya.

"Sekarang keren ketua DPR setiap datang ke luar negeri ketemunya sama presiden, perdana menteri, jadi bukan cuma ketua DPR [luar negeri] saja," jelas politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu.

Puan mencontohkan, saat dirinya beberapa waktu lalu kunjungan kerja ke Kamboja, dirinya coba menyurati Perdana Menteri Hun Sen untuk meminta ketemu. Ternyata, Hun Sen dengan senang hati menerimanya. Begitu juga ketika dirinya menyurati Raja Kamboja Norodom Sihamoni.

"Padahal kan ketua DPR tidak ada urusannya sama eksekutif. Eh ternyata perdana menteri Hun Sen mau ketemu sama saya, wah alhamdulillah. Coba dong saya kirim surat mau ketemu sama raja, saya bilang gitu, raja Kamboja, eh raja mau ketemu sama saya," ungkapnya.

Dia pun mengaku bangga seorang kepala negara negeri lain mau menerimanya bahkan sampai mengantarkan ke mobilnya, layaknya seorang presiden.

"Saya bangga banget. Perdana menteri Hun Sen itu nganter sampai depan pintu mobil saya. Saya sampai [ngucapin salam dan terima kasih] terus, tapi tetep jalan sampai depan pintu. Saya pikirkan yang dianter sampai depan pintu cuma presiden saja dan beliau itu kan sudah senior, saya ini masih lebih muda," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper