Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Grup Jatra Hotel Milik Christopher Sumasto Tjia Dicatut di Belanda

Grup Jatra Hotel menyatakan tidak memiliki afiliasi sama sekali dengan Jatra Hotel Amsterdam dan Jatra Group Hotel BV.
Tangkapan layar gambar Jatra Hotel Amsterdam dalam website missethoreca.nl./Istimewa
Tangkapan layar gambar Jatra Hotel Amsterdam dalam website missethoreca.nl./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN– Grup Jatra Hotel, anak usaha PAM Group milik konglomerat Christopher Sumasto Tjia dikabarkan mengalami pencatutan nama oleh sebuah hotel di Belanda.

Hal tersebut tersiar setelah media Belanda mengklaim Hotel Jatra memiliki cabang di negara kincir angin.

Kuasa Hukum Group Jatra Hotel Andy P Putera menyatakan Grup Jatra Hotel tidak memiliki afiliasi sama sekali dengan Jatra Hotel Amsterdam dan Jatra Group Hotel BV.

Dia menyebutkan,  dalam pemberitaan media elektronik negara Belanda disebut Grup Jatra Hotel mendirikan hotel pertamanya di negara Belanda, yang diberi nama Jatra Hotel Amsterdam dan berlokasi di business park De Hoek, Netherlands.

Hotel tersebut memiliki 4 lantai dan 278 kamar serta 46 kamar tambahan pada area  Ground Floor,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (31/12/2022).

Dia menjelaskan, Hotel Jatra Amsterdam mengklaim sebagai milik dari Shree Pandey's  Holding Company. Bahkan, nama pemilik Jatra Hotel Group, Christopher Sumasto dicatut dalam media tersebut.

“Pengguna merek Jatra tanpa izin dikhawatirkan disalahgunakan bahkan bisa saja terjadi investasi bodong. Padahal kami tidak membuka di sana, kami masih beroperasi di dalam negeri,” jelasnya.

Menurut penelusuran Bisnis, kabar tersebut ditulis pertama kali pada 2 Juni 2021 dan dimuat di situs missethoreca.nl.

Selain itu, Andy mengungkapkan bahwa terdapat pembayaran pajak yang tercatat atas nama Jatra Hotel Group BV pada April tahun 2022. Menurutnya, hal tersebut jelas terdapat aktivitas yang melibatkan nama besar Jatra.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kami secara tegas menolak dan membantahnya karena sebagaimana tercantum pada Perpanjangan Jangka Waktu Perlindungan Merek Terdaftar yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Merek Jatra adalah sah secara hukum dimiliki oleh Christopher Sumasto Tjia selaku anak sulung dari  Ady Sumasto Tjia, yang merupakan  Founder Pintu Air Mas Group,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dia menegaskan Shree Pandey's  holding company dan pihak lain yang mengatasnamakan Jatra Hotel Amsterdam dan Jatra Hotel Group BV bukanlah merupakan penerima lisensi atas merek Jatra.

“Sehingga dapat dipastikan bahwa segala aktivitas Jatra Hotel Amsterdam dan Jatra Group Hotel BV adalah merupakan suatu perbuatan yang secara nyata melawan hukum,” tegasnya.

Andy menuturkan bahwa pihaknya akan mengambil langkah hukum melalui pintu Polda Kaltim. “Kami mewaspadai, mungkin bisa terjadi penipuan atau hal negatif mencatut nama Jatra karena hal itu,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper