Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jokowi Mantu, Para Menteri Sibuk Bantu-bantu

Para menteri ikut sibuk mempersiapkan pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  06:51 WIB
Jokowi Mantu, Para Menteri Sibuk Bantu-bantu
Presiden Jokowi bersama Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebelum bertolak ke Papua, Selasa (30/08/2022). - BPMI Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar pesta pernikahan untuk putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Rencananya hajatan Kaesang akan berlangsung di dua kota yakni Yogyakarta dan Surakarta.

Sejumlah persiapan telah dilakukan mulai dari penentuan lokasi resepsi hingga prosesi kirab ngunduh mantu yang rencananya akan mengambil rute dari Lodji Gandrung atau rumah dinas Wali Kota Solo menuju Pura Mangkunegara. 

Menariknya, selama proses persiapan 'Hajat Akbar' tersebut berlangsung, para menteri di kabinet Jokowi juga ikut-ikutan sibuk membantu persiapan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

Dalam catatan Bisnis, menteri Jokowi yang terlihat lalu lalang atau minimal pernah meninjau persiapan pernikahan Kaesang antara lain Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Menko Luhut bahkan sempat beberapa kali berkunjung ke rumah Erina Gudono di Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung, Luhut juga sempat mengecek kesiapan pernikahan. Saat Luhut berkunjung, sejumlah pekerja sedang memasang tenda pernikahan.

Selain Luhut, menteri lain yang terlihat sibuk mempersiapkan pernikahan Kaesang adalah Erick Thohir. Erick dalam sebuah kesempatan pernah mengungkap alasan dirinya begitu aktif terlibat dalam persiapan pernikahan putra bontot Jokowi itu.

Dia mengaku telah menganggap putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti keponakannya sendiri.

Menurutnya, hal tersebut telah membuatnya harus membantu dalam mempersiapkan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono yang akan berlangsung dalam waktu dekat. 

"Ketika kami keluarga kita saling membantu kalau ada yang susah kalau ada yang perlu bantuan kita lakukan kdan konteks-konteks itu sebuah hal yang maklum dan biasa," ujar Erick.

Erick menyebut dalam kegiatan sehari-harinya kerap kali bertemu dengan Kaesang, terutama dalam urusan sepak bola. Tidak hanya itu, kedekatan Kaesang pun juga berlanjut dengan putranya yakni Mahendra Agakhan Thohir.

Untuk itu, Erick menampik stigma-stigma buruk yang timbul di masyarakat terkait dengan keterlibatannya dalam persiapan pernikahan Kaesang.

"Terkadang kan orang suka bangun persepsi ini Menteri BUMN sudah sibuk. Lah orang sudah jadi keponakan. Pokoknya kita saling bantu antar keluarga, ada keluarga yang sakit yang terluka kita harus bantu," jelasnya.

Pak Bas Jadi Saksi Nikah

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar pada Sabtu (10/12/2022) di pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saksi pernikahan pasangan ini pun tak main-main. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Depok Muhammad Wiyono mengatakan dua sosok menteri akan menjadi saksi nikah Kaesang-Erina.

Dua orang itu yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Untuk saksi sementara yang dari pihak putri Bapak Pratikno. Dari pihak laki-laki Bapak Basuki Hadimuljono. Mendaftar sudah sejak 18 November, berkas sudah saya terima,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin.

Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad pukul 13.00 WIB dengan mas kawin seperangkat alat salat dan uang tunai Rp300 ribu.

Kepala KUA Depok ini juga didapuk menjadi penghulu. Ia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk bertugas menjadi penghulu di akad nikah ini.

Wiyono hanya berharap agar tetap dalam kondisi sehat pada hari pelaksanaan nanti.

“Semoga berjalan baik dan lancar,” ungkapnya.

Kepada wartawan, Wiyono mengaku sudah dua kali menjadi penghulu untuk keluarga Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ia juga menjadi penghulu pernikahan keponakan Jokowi, yang berlangsung di Hotel Sheraton pada 2021 lalu.

“Waktu itu Pak Jokowi juga hadir sebagai saksi,” katanya.

Mahar Kaesang 

Sementara itu Kaesang Pangarep dikabarkan akan memberikan mahar kepada calon istrinya Erina Gudono berupa alat salat dan uang sebesar Rp300.000.

Pernikahan mereka, rencananya akan digelar pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Hotel Ambarrukmo Sleman Yogyakarta.

"Ya itu memang betul seperti itu, nanti ada tambahan lagi," kata Kaesang di sela mengikuti gladi bersih pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa 6 Desember 2022 dikutip dari Tempo.

Adik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming itu mengatakan tak ada maksud atau makna khusus di balik mahar Rp300 ribu untuk pernikahannya itu. "Kenapa kok Rp300.000? Ya kepinginnya Rp300.000 saja, karena kalau Rp 100 juta mahal," kata Kaesang berseloroh.

Kaesang juga mengatakan prosesi akad nikah digelar dengan tamu terbatas. Berbeda dengan konsep pesta rakyat saat ngunduh mantu di Solo pada Ahad, 11 Desember 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kaesang Luhut Pandjaitan erick thohir
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top