Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alert! Rusia Terbangkan 14 Pesawat Bomber, Siapkan Serangan Udara?

Dengan banyaknya pesawat ini, Rusia diperkirakan melancarkan serangan udara terbesar sejak invasi ke wilayah Ukraina dimulai Februari lalu.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  18:40 WIB
Alert! Rusia Terbangkan 14 Pesawat Bomber, Siapkan Serangan Udara?
Tingkat modernisasi nuklir Rusia saat ini berada pada level tertinggi dalam sejarahnya dan mencapai 89,1 persen menruut Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu. Dia mencatat bahwa perbaikan Pasukan Roket Strategis Rusia terus berlanjut. Komponen angkatan laut dan udara dari trifecta nuklir juga sedang ditingkatkan. - tass.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Militer Rusia dikabarkan telah menyiagakan pesawat pengebom pada Senin (5/12/2022) dan diperkirakan akan melancarkan serangan ke wilayah Ukraina.

Dilansir dari Visegrad 24, sebanyak 14 pesawat pengebom taktis telah terbang dari pangkalan udara Rusia. Melihat banyaknya pesawat ini. Rusia diperkirakan melancarkan serangan udara terbesar sejak invasi ke wilayah Ukraina dimulai Februari lalu.

Selain itu, Rusia juga menyiagakan 4 kapal perang di wilayah Laut Hitam yang dipersenjatai misil Kalibr.

Persiapan ini disinyalir sebagai respons atas serangan militer Ukraina terhadap pangkalan Udara Rusia Shaikovka pada Senin pagi.

Pangkalan udara ini terletak di wilayah Utara Bryansk dan menjadi lokasi parkir pesawat bomber taktis Rusia.

Serangan ini menimbulkan ledakan besar yang berdampak hingga puluhan meter di sekitar lokasi dan diperkirakan merusak sejumlah pesawat taktis.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia melaporkan bahwa penerbangan operasional-taktis militer, pasukan rudal, dan artileri mengalahkan 69 unit artileri Ukraina dalam posisi tembak, termasuk tenaga kerja, dan peralatan militer di 187 distrik dalam sehari.

Serangan Rusia juga menghantam titik pengerahan sementara formasi nasionalis Ukraina di wilayah pemukiman Dibrov Donetsk. Di daerah pemukiman Grigorovka dan Markovo dari Republik Rakyat Donetsk, dua stasiun anti-radar perang kontra-baterai yang diproduksi oleh AS AN / TPQ-37 dihancurkan.

Sementara itu, gudang amunisi dan rudal serta senjata artileri Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan di dekat pemukiman Novoaleksandrivka, wilayah Zaporozhye.

"Di daerah pemukiman Shevchenkovo ​​di wilayah Kharkiv, sebuah depot minyak dihancurkan," tulis laporan tersebut, Senin (5/12/2022).

Adapun pesawat tempur Angkatan Udara Rusia menembak jatuh pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di dekat desa Krasnoarmeysk di Donetsk. Pada siang hari, sistem pertahanan udara menembak jatuh sembilan kendaraan udara tak berawak Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Perang Rusia Ukraina pesawat pesawat tempur Ukraina
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top