Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Survei Indikator: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik, Polri Nyaris Bontot

DPR, Polri, dan Partai Politik bercokol di tiga terbawah dengan tingkat kepercayaan masing-masing 64,2 persen, 60,5 persen, dan 56,7 persen.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 27 November 2022  |  17:52 WIB
Survei Indikator: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik, Polri Nyaris Bontot
Survei Indikator: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik, Polri Nyaris Bontot - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) nyaris berada di peringkat bontot dari 12 lembaga yang paling dipercaya publik.

Di sisi lain, TNI menempati peringkat teratas dengan tingkat kepercayaan 92,9 persen, diikuti dengan Presiden sejumlah 88,4 persen.

"Jadi di akhir Oktober dan awal November terhadap lembaga-lembaga negara, termasuk lembaga penegakan hukum dan lembaga demokrasi itu paling tinggi masih dipegang oleh TNI," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (27/11/2022).

Pada peringkat ketiga, terdapat Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan 80,4 persen diikuti Mahkamah Konstitusi sebesar 79,6 persen.

Peringkat kelima ada Kejaksaan Agung dengan perolehan tingkat kepercayaan sebesar 77,5 persen, selanjutnya Pengadilan dengan 76,8 persen, dan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) yakni 71,9 persen.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempati peringkat kedelapan dengan perolehan 71 persen, diikuti Dewan Perwakilan Daerah 68,7 persen.

DPR, Polri, dan Partai Politik bercokol di tiga terbawah dengan tingkat kepercayaan masing-masing 64,2 persen, 60,5 persen, dan 56,7 persen.

Adapun, Survei dilakukan pada rentang waktu 30 Oktober sampai dengan 5 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden dari seluruh provinsi Indonesia. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Margin of error survei +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei polri tni
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top