Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PBB Puji Presidensi G20 Indonesia di Bawah Jokowi

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia dalam sebagai Presidensi G20.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 15 November 2022  |  01:12 WIB
PBB Puji Presidensi G20 Indonesia di Bawah Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski, Senin (14/11 - 2022). Dok Setpres RI
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia dalam sebagai Presidensi G20 sepanjang tahun ini.

Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali. Guterres tiba di Bali pada Senin ini, (14/11/2022), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dia mengatakan pertemuan G20 di bawah Presidensi Indonesia tahun ini memang tidak mudah dikarenakan adanya ketegangan geopolitik yang memicu gejolak perekonomian secara global.

Meski demikian, Presidensi Indonesia menurutnya telah berhasil mendorong dialog dan meraih beberapa kesepakatan di antara negara G20 di tengah situasi yang menantang tersebut.

Saya mengagumi apa yang sduah dilaksanakan Indonesia sebagai Presidensi G20, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo [Jokowi], konteksnya saat ini memang menantang karena kondisi geopolitik dan Indonesia sudah menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam mendorong dialog dan pencapaian solusi," katanya dalam konferensi pers di Bali International Convention Center (BICC), Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan, momentum Indonesia sebagai Presidensi pertama dari negara berkembang juga menjadi kesempatan emas dalam mengatasi sistem perekonomian dan keuangan global yang tidak adil atau merata, terutama di negara berkembang dan rentan.

Kondisi perekomian di negara-negara tersebut, terutama negara rentan, semakin memburuk akibat pandemi Covid-19.

Dia berharap, pertemuan G20 selanjutnya dibawah Presidensi India juga dapat menghasilkan terobosan, terutama terkait dengan kebijakan yang mendukung negara-negara berkembang dan rentan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PBB g20
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top