Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Twitter akan Luncurkan Label Resmi Akun Centang Biru Terverifikasi

Twitter akan meluncurkan label resmi untuk akun terverifikasi tertentu bersamaan dengan peluncurkan layanan berbayar akun centang biru seharga $8.
Twitter /Bloomberg
Twitter /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Twitter akan meluncurkan label resmi untuk akun terverifikasi tertentu bersamaan dengan peluncuran layanan berbayar untuk akun centang biru seharga $8.

Eksekutif pengembangan produk Twitter, Esther Crawford menyampaikan pada Selasa (8/11/2022) bahwa yang akan menerima label resmi tersebut ialah termasuk akun pemerintah, media besar dan tokoh masyarakat.

"Akun yang akan menerima (label) termasuk akun pemerintah, perusahaan komersial, mitra bisnis, outlet media besar, penerbit dan beberapa tokoh masyarakat," kata Crawford, seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (9/11/2022).

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa tak semua akun yang terverifikasi akan mendapatkan label resmi dan label tersebut tak diperjualbelikan.

“Tidak semua akun yang diverifikasi sebelumnya akan mendapatkan label 'resmi' dan label tersebut tidak tersedia untuk dibeli," ujarnya.

Crawford juga mengonfirmasi bahwa Twitter Blue yang diperbarui, untuk akun dengan centang biru, tidak akan memverifikasi identitas pengguna dengan kartu identitas atau materi.

Perubahan terbaru seputar verifikasi Twitter ini terjadi usai platform raksasa itu berada di bawah kepemilikan Elon Musk.

Pada (1/11/2022), Musk merancang Twitter dengan tanda centang biru berbayar untuk membantu mengidentifikasi pengguna asli dan akan berpengaruh kepada pelanggan layanan premium.

“Sistem tuan dan tani Twitter saat ini untuk siapa yang memiliki atau tidak memiliki tanda centang biru adalah omong kosong. Kekuatan untuk rakyat! Biru seharga $8/bulan,” tulis Musk.

Layanan premium telah diluncurkan selama akhir pekan ini. Twitter mengatakan dalam pembaruan untuk perangkat Apple iOS pada Sabtu (5/11/2022) bahwa setiap pengguna yang mendaftar sekarang ke layanan premium Twitter Blue akan mendapatkan centang biru. 

Fitur lain yang dijanjikan sebagai bagian dari perbaikan layanan premium yakni termasuk iklan, kemampuan untuk mengunggah video yang lebih panjang dan prioritas konten yang diunggah dalam platform.

Meski begitu, New York Times melaporkan bahwa perusahaan itu telah menunda peluncuran proses verifikasi baru Twitter sampai setelah pemilihan paruh waktu AS. Muncul juga kekhawatiran bahwa akun terverifikasi palsu dapat muncul menyamar sebagai politisi atau organisasi berita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper