Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertambah! Ini Daftar Baru 4 Obat Sirop yang Ditarik BPOM

BPOM mengungkapkan empat nama obat sirop yang dinyatakan mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman. 
Kepala BPOM Penny Lukito saat konferensi pers terkait penggunaan ivermectin/BPOM
Kepala BPOM Penny Lukito saat konferensi pers terkait penggunaan ivermectin/BPOM

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengungkapkan empat nama obat sirop yang dinyatakan mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas aman. 

Penny merincikan, dari total empat produk obat sirop dengan cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas aman, dua produk merupakan obat yang diproduksi oleh PT Samco Farma dan dua lainnya merupakan produksi PT Ciubros Farma.

Adapun, Penny menjelaskan bahwa cemaran EG dan DEG yang ditemukan pada keempat produk obat sirop ini berasal dari bahan pelarut propilen glikol yang digunakan dalam proses pembuatan obat-obatan sirop milik kedua perusahaan farmasi. 

Atas temuan tersebut, BPOM kemudian mengarahkan kedua perusahaan farmasi untuk segera melakukan penarikan dan pemusnahan terhadap seluruh batch produk dengan kandungan cemaran EG dan DEG yang melebihi ambang batas aman. 

Penny menjelaskan, penarikan akan dilakukan di berbagai gerai penjualan obat, seperti pedagang besar farmasi (PBF), apotek, instalasi farmasi pemerintah, hingga praktik mandiri tenaga kesehatan. 

Hingga saat ini, setidaknya terdapat lima perusahaan farmasi yang disebut telah melakukan pelanggaran dalam bidang produksi. Kelima perusahaan tersebut adalah PT Yarindo Farmatama, PT Afi Farma, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan yang terbaru ialah  PT Samco Farma serta PT Ciubros Farma. 

BPOM kini telah menarik izin edar dan sertifikat Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB) yang dimiliki oleh PT Yarindo Farmatama, PT Afi Farma, dan PT Universal Pharmaceutical Industries.

Sedangkan untuk kedua perusahaan lainnya, Penny menerangkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tahapan produksi yang dilakukan oleh PT Samco Farma dan PT Ciubros Farma.

Berikut 4 obat sirop dengan kandungan cemaran EG dan DEG melebihi batas:

PT Samco Farma 

1. Samconal 
2. Samcodryl 

PT Ciubros Farma 

1. Citomol
2. Citoprim 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper