Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-77 TNI: Jokowi Minta TNI Tingkatkan Profesionalitas

Jokowi meminta seluruh prajurit TNI untuk terus meningkatkan profesionalitasnya sebagai garda pertahanan Indonesia dan mendukung setiap agenda nasional.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  09:26 WIB
HUT ke-77 TNI: Jokowi Minta TNI Tingkatkan Profesionalitas
HUT ke-77 TNI: Jokowi Minta TNI Tingkatkan Profesionalitas. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam memperingati HUT ke-77 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh prajurit untuk terus meningkatkan profesionalitasnya sebagai garda pertahanan terdepan Indonesia.

Menurutnya, dalam menjalankan tugasnya, TNI harus mampu secara bertahap melanjutkan pemenuhan terhadap minimum essential force yang merupakan salah satu amanat pembangunan nasional di bidang pertahanan keamanan.

"Pembangunan kekuatan perlu terus selaras dengan pembangunan nasional dan program bela negara perlu dilanjutkan sesuai prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai Pancasila dan UUD 1945," tegas Jokowi dalam Upacara HUT ke-77 TNI, dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (5/10/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa sebagai garda terdepan Indonesia, TNI diharapkan kontribusinya oleh rakyat untuk membantu mengatasi setiap permasalahan nasional yang ada. Walhasil, sambungnya, prajurit dalam menjalankan tugas harus mampu memegang teguh jati diri TNI, baik sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, ataupun tentara profesional.

"Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat TNI akan kuat. Ingatlah selalu sifat-sifat prajurit, prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, loyal, dan rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga secara khusus meminta TNI bersama Polri bersinergi mendukung penyuksesan setiap agenda nasional, khususnya yang berkaitan dengan penanganan krisis yang kini dihadapi dunia, termasuk Indonesia.

"Dukung agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial. Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi, jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai tantangan," ungkapnya. 

Adapun, peringatan HUT ke-77 TNI pada hari ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan tokoh nasional, seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo. Tampak hadir pula Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tni krisis
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top