Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Otorita Ungkap 3 Strategi Bangun IKN, Ini Detailnya

Pemerintah mengingankan agar pada 2024 akan terbentuk satu ekosistem yang menyeluruh di IKN Nusantara
Rencana pengembangan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur/Antara
Rencana pengembangan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono mengaku terdapat 3 persiapan dalam pembangunan IKN Nusantara.

Dia mengatakan bahwa Pemerintah mengingankan agar pada 2024 akan terbentuk satu ekosistem yang menyeluruh dan juga membuat kota tersebut menjadi kota yang layak huni.

“Tadi 3 hal yang disiapkan dan diputuskan dalam rapat internal kabinet yaitu pertama adalah menyelesaikan rancangan peraturan pemerintah untuk insentif bagi pelaku usaha yang akan berusaha di IKN Nusantara,” katanya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan akan ada beberapa insentif, baik fiskal dan non fiskal yang dirancang bersama sejumlah kementerian. Insentif itu diberikan untuk menarik minat investor supaya menanamkan modalnya dan melakukan usaha di IKN Nusantara dengan baik.

“Tentu, ini akan bermanfaat buat semua pihak, mereka yang bermukim di sana ataupun oleh pelaku usaha itu sendiri,” ujarnya.

Kedua, dia melanjutkan Pemerintah juga mempersiapkan Badan Usaha Milik Otorita yang akan menangani aspek-aspek pengusahaan melalui jalur kemitraan untuk melakukan kesepakatan dalam strukturisasi ataupun financial engineering bersama dengan investor dan pelaku usaha.

“Ini dilakukan dengan harapan agar ini dapat tercipta satu iklim usaha yang sangat baik dan juga berkelanjutannya. Jadi sustainability dari investmentnya juga akan kita perhatikan dengan baik ke depannya,” katanya.

Ketiga, Badan Otorita IKN akan melakukan keberlanjutan dari sosialisasi peluang investasi yang dilakukan bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) melalui pelaksanaan jajak pasar yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Jadi, mudah-mudahan pada pertengahan Oktober kita akan lakukan [3 poin] itu dengan mengundang para potensial investor. Dan kita akan melakukan dialog satu forum yang saya kira ditunggu oleh banyak pihak untuk mengetahui seberapa jauh kita nanti sudah mempersiapkan apa yang harus dibangun agar iklim usaha, iklim investasi, sehingga nanti kita memiliki kota yang green, smart, inklusif, resilience, dan yg paling penting sustainable,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper