Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diisolasi di Rutan, Surya Darmadi Akui Langgar Aturan Bawa Ponsel 

Surya Darmadi protes dirinya diisolasi sementara di rumah tahanan (rutan) lantaran kedapatan membawa ponsel.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  14:57 WIB
Diisolasi di Rutan, Surya Darmadi Akui Langgar Aturan Bawa Ponsel 
Terdakwa pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi (kiri) berdiskusi dengan penasehat hukum usai menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/9/20220). Pemilik Darmex Group Surya Darmadi didakwa melakukan tindak pidana korupsi usaha perkebunan kelapa sawit tanpa izin di provinsi Riau periode 2004-2022 yang merugikan perekonomian negara mencapai sebesar Rp73,9 triliun dan dugaan pencucian uang periode 2005-2022. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terdakwa bos PT Duta Palma Group/Darmex Group Surya Darmadi memprotes dirinya diisolasi sementara di rumah tahanan (rutan) lantaran kedapatan membawa ponsel.

Hal itu diungkapkan terdakwa korupsi penyerobotan lahan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu di hadapan hakim Pengadilan Tipikor saat sidang putusan sela, Senin (3/10/2022).

Surya Darmadi memprotes penempatan dirinya di ruang isolasi, meski bersalah kedapatan membawa ponsel. Hal ini, kata Surya, lantaran dirinya kerap merasa cemas dan sulit tidur ketika ditempatkan di ruangan isolasi sementara. 

"Saya pikir, saya diabaikan kejaksaan. Saya sudah umur 70, saya diisolasi sampai hari ini sudah 14 hari, ketemu orang nggak boleh, makan saja susah, depan kamar pula dipasang CCTV yang khusus keker, saya kayak seorang politik gitu ya," kata Surya di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dia memohon kepada Kejaksaan Agung agar tidak menempatkannya di ruangan isolasi rumah tahanan. 

"Kalau saya terus diisolasi, saya lihat umur saya pendek Pak, saya stres, asal bangun tidur, tidur 2, 3 jam berkeringat Pak, dari dada berkeringat Pak, dari dada saya berkeringat kayak mandi," katanya.

Surya Darmadi pun mengakui dia melanggar aturan rutan lantaran membawa ponsel. Namun, dia mengaku heran kenapa hanya dirinya yang ditahan di ruang isolasi. Pasalnya, klaim Surya, banyak tahanan lain yang juga membawa ponsel.

"Baik, saya hari itu ada pelanggaran ada handphone Pak. Sebenarnya handphone itu saya pinjam, tapi saya bagaimana pun saya bilang itu handphone saya, di situ semua orang ada handphone, kenapa aku diperlakukan gitu yang lain tidak?" Katanya.

Adapun, Jaksa penuntut umum (JPU) pada kejaksaan Agung mendakwa bos PT Duta Palma Group/ Darmex Group Surya Darmadi merugikan negara hingga triliunan rupiah dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit.

Dalam surat dakwaan disebutkan Surya Darmadi merugikan Rp4.798.706.951.640 (Rp4 triliun) dan US$7.885.857,36 serta perekonomian negara sebesar Rp73.920.690.300.000 (Rp73 triliun)

“Telah melakukan atau turut serta melakukan perbuatan dengan Raja Thamsir Rachman secara melawan hukum, memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, merugikan keuangan negara atau perekonomian negara,” kata jaksa saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2022).

Jaksa mendakwa Surya memperkaya diri sendiri sejumlah Rp7.593.068.204.327 (Rp7 triliun) dan US$7.885.857,36. Perbuatannnya itu, kata jaksa merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kejaksaan Agung Surya Darmadi tppu
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top