Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 5 Negara yang Paling Pelit di Dunia, Jepang Nomor Satu

Di dunia ini ternyata ada beberapa negara yang masuk dalam daftar negara yang paling pelit di dunia. Negara mana saja yang masuk dalam kategori Ini?
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  12:32 WIB
Inilah 5 Negara yang Paling Pelit di Dunia, Jepang Nomor Satu
Inilah 5 Negara yang Paling Pelit di Dunia, Jepang Nomor Satu (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Charities Aid Foundation atau CAF tidak hanya merilis daftar negara paling dermawan di dunia. Organisasi ini juga merilis daftar negara yang paling pelit di dunia. 

Sebagai informasi, CAF adalah organisasi non profit yang ada di London, Inggris. CAF ini ternyata sudah ada dari tahun 2011 dan rutin melakukan survei tahunan. 

Setelah menentukan World Giving Index yang dilakukan pada 140 negara. Fokus survei yang dilakukan oleh CAF ini ada tiga yaitu menyumbangkan uang, menolong orang asing, serta menjadi relawan di dalam sebuah organisasi. 

Dari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga ini, terdapat sejumlah negara yang masuk dalam daftar yang paling pelit di dunia. Berikut ini negara yang masuk ke dalam kategori negara paling pelit.

Daftar Negara Paling Pelit di Dunia

1. Jepang

Jepang merupakan negara pertama yang masuk ke dalam kategori negara yang paling pelit di dunia. Meskipun Jepang ini dikenal dengan negara yang punya kedisiplinan dan juga etos kerja yang sangat tinggi, tetapi saat ini negara Jepang pada urutan akhir dalam urusan kedermawanan. 

Jepang mendapatkan nilai terendah dari seluruh negara yang disurvei oleh CAF. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang cenderung lebih individualis serta aturan terkait dengan pemberian amal yang ada di negara ini cukup rumit. Maka dari itu, organisasi non profit jadi hal yang baru di negara Jepang. 

2. Portugal

Negara selanjutnya yang juga masuk dalam daftar negara yang paling pelit di dunia yaitu negara Portugal. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh CAF, hanya sebesar 37% masyarakat Portugal yang membantu orang asing jika diminta pertolongan. 

Lalu, hanya 13% masyarakat Portugal yang bersedia untuk mendonasikan uang kepada lembaga amal. Sementara itu, hanya ada 10% dari jumlah masyarakat Portugal yang bersedia untuk meluangkan waktu melakukan pekerjaan sukarela dari sebuah organisasi. Ketiga poin itulah yang menempatkan Portugal sebagai negara paling pelit nomor 2 yang ada di dunia. 

3. Belgia

Tidak jauh berbeda dengan negara sebelumnya, negara selanjutnya yang masuk dalam negara pelit yaitu Belgia. Persentase warga negara yang rela mendonasikan uangnya dan meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan sukarela sangatlah kecil, bahkan di bawah 50%. Hal itulah yang membuat negara ini termasuk dalam negara pelit.  

4. Italia

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh CAF, Italia memiliki budaya yang mirip dengan Belgia yaitu jarang berderma. Persentase masyarakat Italia yang mendonasikan uangnya dan melakukan pekerjaan sukarela juga relatif kecil. Indikator itulah yang menjadi pertimbangan Italia masuk dalam daftar negara yang paling pelit di dunia. 

5. China

Negara China merupakan negara terbesar di dunia sekaligus masuk dalam daftar negara paling pelit di dunia. Di negara ini hanya ada 11% dari penduduk Tiongkok ini yang melakukan aktivitas menderma. 

Sementara itu, hanya sejumlah 24% warga Tiongkok yang rela menolong orang asing dan 6% yang memberikan sumbangan berupa uang serta 4% saja yang menjadi relawan di sebuah organisasi.

Itulah daftar lima negara yang termasuk dalam daftar negara yang paling pelit di dunia. Lalu dimanakah urutan negara Indonesia berada? Indonesia sendiri tidak masuk ke dalam daftar negara pelit. 

Justru sebaliknya, Indonesia masuk dalam daftar negara paling dermawan di dunia. Hal ini tidak lepas dari sifat saling tolong menolong dan budaya gotong royong yang ada di negara kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah jepang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top