Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Arti Logo ASEAN, serta Makna dan Tujuan Pendiriannya

Tahukah anda makna dari logo ASEAN melambangkan stabil, damai, bersatu dan dinamis. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 15 September 2022  |  16:01 WIB
Mengenal Arti Logo ASEAN, serta Makna dan Tujuan Pendiriannya
Logo Asean
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam ASEAN yaitu organisasi yang terdiri dari persatuan negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Meskipun telah diikuti oleh 10 negara di bagian Asia tenggara, namun organisasi ini dicetuskan oleh Indonesia, Malaysia, filipina, Singapura dan Thailand. Namun, apakah kamu tau arti dari logo ASEAN? 

Sebagai Lembaga yang mempersatukan negara-negara di Asia Tenggara, organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi setiap negara untuk melakukan kerja sama. Mulai dari kerja sama ekonomi, sosial, budaya hingga Pendidikan. Tidak hanya itu, organisasi ini didirikan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas Kawasan Asia tenggara dengan baik. 

Berikut ini adalah makna logo ASEAN yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Warna 
Logo ASEAN terdiri dari 4 warna yaitu merah, putih, kuning dan biru. Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas. Warna merah melambangkan keberanian dan dinamisme. Warna putih melambangkan kesucian dan warna kuning melambangkan kemakmuran. 


2. Makna logo ASEAN
Selain warna dalam logo ASEAN terdapat symbol-simbol yang mencerminkan arti dan makna tertentu. Dalam logo ASEAN terdapat lambang lingkaran dan seikat padi. Makna lingkaran dalam logo ASEAN ini melambangkan persatuan. Sementara seikat padi melambangkan kesejahteraan, kemakmuran, kesuburan dan kekayaan yang merupakan harapan negara-negara ASEAN ini. Jumlah 10 batang padi yang terikat melambangkan jumlah negara yang tergabung dalam organisasi ini yang terkait persatuan dan solidaritas. 

3. Tulisan ASEAN 
Kata ASEAN tersebut terletak di bawah padi dalam lambang ASEAN menjelaskan bahwa logo tersebut merupakan lambang resmi yang memiliki satu identitas. Selain itu juga menjadi tanda bahwa hak cipta lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN. 

Tujuan pembentukan ASEAN: 

Untuk mempromosikan Kerjasama aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan Bersama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, ilmiah dan administrasi. 

Saling membantu dalam bentuk fasilitas pelatihan dan penelitian pada bidang Pendidikan, profesi, teknis dan administrasi. 

Untuk memajukan perdamaian dan stabilitas Kawasan melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan antar negara di Kawasan dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pembangunan budaya di Kawasan melalui upaya Bersama dalam semangat kesetaraan dan kemitraan dalam rangka memperkuat pondasi bagi masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. 

Untuk memelihara Kerjasama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan dan tujuan yang sama, dan mengeksplorasi semua jalan untuk Kerjasama yang lebih erat di antara mereka sendiri. 

Itulah arti dan makna dari logo asean, semoga anda dapat mendapatkan wawasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah asean
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top