Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Optimistis Teknologi Jadi Cetak Biru Tingkatkan Ketahanan Pangan

Ridwan Kamil meyakini bahwa teknologi pangan dapat menjadi modal dalam mengatasi inflasi hingga krisis pangan yang melanda di tingkat nasional hingga global.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 15 September 2022  |  18:38 WIB
Ridwan Kamil Optimistis Teknologi Jadi Cetak Biru Tingkatkan Ketahanan Pangan
Ridwan Kamil Optimistis Teknologi Jadi Cetak Biru Tingkatkan Ketahanan Pangan. Ridwan Kamil mendampingi Wapres Ma'ruf Amin saat melakukan kunjungan ke Batamindo Green Farm di Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022) - Setwapres
Bagikan

Bisnis.com, KARAWANG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meyakini bahwa teknologi pangan dapat menjadi modal dalam mengatasi inflasi hingga krisis pangan yang melanda di tingkat global, termasuk Indonesia.

Dia menjelaskan, salah satu teknologi yang dimaksud adalah dengan adanya rekayasa teknik penanaman sayur guna memenuhi kebutuhan pangan di Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

"Saya melihatnya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi inflasi karena sayuran di gunung bisa ditanam di daerah panas sehingga tadinya kita mengandalkan hal-hal alami tetapi kadang terkena cuaca atau yang lain. Namun, solusi teknologi ini ketahanan pangan di Jawa Barat dan indonesia bisa diukur dan [potensi] gagal panen bisa diprediksi dan dikendalikan agar tidak terjadi," tuturnya saat meninjau Batamindo Green Farm di Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Ridwan mengaku apabila teknologi rekayasa teknik penanaman sayar bisa diadaptasikan diberbagai wilayah lain di Indonesia, maka ketahanan pangan Tanah Air dapat makin kuat.

"Kalau semua bisa dilakukan seperti ini lebih baik untuk ketahanan dan saya juga mengajak instutisi lain seperti pesantren, desa-desa, agar [teknologi] ini bisa menjadi cetak biru Indonesia menjadi negara swasembada dari sisi pangan,” tuturnya.

Sekadar informasi, Ridwan Kamil menjadi salah satu rombongan dari Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin yang melakukan kunjungan perdana ke Batamindo Green Farm dengan bertujuan untuk melihat kemampuan ketahanan pangan Tanah Air melalui rekayasa teknik penanaman sayuran.

Diharapkan dengan hadirnya Batamindo Green Farm di tengah-tengah masyarakat, mampu menjadi produsen bahan pangan yang stabil dengan harga terjangkau, tidak merusak lingkungan, menjaga ketersediaan pangan, dan menambah lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Melewati jalur darat, Wapres beserta rombongan terbatas menuju Jalan kota bukit Indah Raya, Cikampek, Kabupaten Karawang sekitar pukul 13.30 WIB.

Di tempat yang memproduksi sayuran ini, Wapres melihat langsung proses tanam, pengemasan hingga distribusi dengan memanfaatkan teknologi hidroponik.

Adapun, Batamindo Green Farm adalah pertanian hidroponik terbesar dan modern di Indonesia yang menghasilkan produk segar dengan standar kualitas tinggi dan memanfaatkan teknologi pertanian modern yang canggih dan tepat.

Produk sayuran tersebut diantaranya Bayam Bulat, Merah, Lancip, Selada hijau, Kailan, Selada Butterhead, Sawi Pahit, Kale cabe merah kriting, hijau dan Tomat yang dipasarkan dalam dan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil wapres ma'ruf amin teknologi ketahanan pangan
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top