Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma’ruf Amin Ingin Indonesia Jadi Pusat Halal Dunia!

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bercita-cita menjadikan Indonesia menjadi Pusat Halal Dunia pada 2024.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 September 2022  |  17:03 WIB
Wapres Ma’ruf Amin Ingin Indonesia Jadi Pusat Halal Dunia!
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa, pemerintah bercita-cita menjadikan Indonesia menjadi Pusat Halal Dunia pada 2024.

Alhasil, dalam mencapai upaya tersebut, diharapkan para pemangku kepentingan dapat melaksanakan berbagai program yang mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Oleh sebab itu, dia menilai diperlukan agar Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) bersama kementerian/lembaga terkait dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Diperlukan gerak yang lebih cepat dan lebih kompak dari seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah, tidak hanya di pusat, tetapi terlebih di daerah. Selain menjadi kantong pertumbuhan, daerah juga ujung tombak pemerataan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, dikutip melalui rilis BPMI Setwapres, Rabu (7/9/2022)

Menurutnya, sinergi pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan merupakan sebuah keharusan. “Ekosistem di daerah harus dibangun dan diperkuat, agar berbagai program dapat terimplementasi dengan baik,” ujarnya.

Wapres pun berharap, kepengurusan KDEKS Sumsel dapat segera bekerja, dan mengambil langkah strategis, berkoordinasi dengan pusat dan daerah, bahkan lintas daerah, untuk menjalankan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah yang memajukan Sumatra Selatan. 

“Sejumlah program ekonomi dan keuangan syariah yang telah diinisiasi agar dilanjutkan dan dikembangkan. Potensi daerah pada sektor-sektor unggulan ekonomi syariah agar terus digali. Industri produk halal, jasa keuangan syariah, dana sosial syariah serta bisnis dan kewirausahaan syariah agar dikembangkan, termasuk penguatan terhadap UMKM industri halal,” pesan Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres ma'ruf amin syariah halal
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top