Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dengan doa pelunas hutang, kamu bisa dibaca dan diamalkan di waktu tertentu agar terbebas dari pinjaman ilegal yang sudah membebani.
Ilustrasi utang/Freepik
Ilustrasi utang/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Doa melunasi hutang bisa menjadi salah satu amalan yang bisa dipanjatkan dalam bentuk ikhtiar. Perlu diketahui jika Rasulullah juga pernah berhutang kepada Yahudi Ketika ia membutuhkan suatu keperluan. 

Dalam Bahasa Arab, hutang disebut juga dengan Al-Qardh. Secara etimologi ini mempunyai arti memotong, sementara menurut syari kata Qardh mempunyai makna memberi harta dengan dasar kasih sayang pada siapa yang membutuhkannya. 

Islam memang tidak melarang seseorang untuk berhutang, akan tetapi islam menekankan agar tidak menunda untuk melunasinya dalam waktu yang sudah ditentukan. Orang yang lalai dalam membayar hutang hingga dirinya meninggalkan hutang itu akan mengalami rugi bahkan hingga hari kiamat tiba. 

Berikut ini doa melunasi hutang yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa melunasi hutang yang pertama ini diajarkan oleh Ali bin Abi Thalib RA. Doanya seperti berikut: 

“Allahummak fini ba halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka”

Artinya: Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu. (HR Tirmidzi)

2. Doa melunasi hutang ini adalah doa yang diajarkan kepada Abu Umamah RA. Berikut ini adalah doa yang diberikan Allah untuk memenuhi hutang milik Abu Umamah RA: 

“Allahumma malikal Mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’wa tu’izzu man tasya’wa tudzillu man tasya’biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir. Rahmanad dunya wal akhirati wa rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an Rahmati man siwaka”

Artinya: Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan . hargai siapapun yang kamu hendaki dan hina siapa pun yang kamu kehendaki, di tangan-Mu kebaikan, karena Engkau maha kuasa atau segala sesuatu, Yang Maha penyayang di Dunia dan Akhirat dan yang Maha Penyayang diantara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak Ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah. (HR at Thabrani)

3. Doa melunasi hutang berikutnya ini adalah doa yang diajarkan kepada Muad bin Jabal RA. Berikut ini adalah doa yang diberikan Allah untuk memenuhi hutang milik Muad:

“Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa auudzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali”

Artinya: Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dan kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukan orang-orang berkata, saya dapat melakukannya, Tuhan yang maha perkasa lagi maha mulia dan telah melunasi hutangku kepadaku. (HR.Dawud)

Itulah doa pelunas hutang yang bisa kamu panjatkan, agar meringankan dan bisa memudahkan usahamu dalam membayarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper