Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Bangun Tidur dan Artinya yang Perlu Diamalkan Sejak Dini

Doa bangun tidur perlu diamalkan sebagai bentuk tanda syukur akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.
Doa bangun tidur/Freepik.com
Doa bangun tidur/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Doa bangun tidur dan artinya sebaiknya diketahui oleh umat islam setelah beristirahat di malam hari. Membaca doa bangun tidur menjadi salah satu adab tidur dalam islam. Sebab, bangun tidur adalah salah satu nikmat yang harus disyukuri karena kita masih diberi kesempatan untuk hidup. 

Dalam ajaran agama Islam, seluruh aktivitas hendaknya dilakukan dengan berdoa. Doa merupakan wujud dari memohon dan meminta kepada Allah SWT agar aktivitas yang akan dilakukan mendapat kemudahan. Selain itu, doa juga bentuk ibadah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”

Berikut doa bangun tidur dan adab bangun tidur yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

Doa bangun tidur: 

Alhamdulillahil adzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur.

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami Kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan” (HR. Bukhari no.6325)

Dalam Riwayat tersebut, Imam Bukhari menganjurkan untuk selalu rutin membaca do aini di pagi hari. Ini menjadi tanda syukur dan pembuka amalan untuk menunjukkan bahwa sebagai seorang Muslim, kita perlu selalu mengingat Allah SWT, sebagaimana kita mengingatnya Ketika akan tidur

Menutup mata di malam hari dengan berdzikir begitu juga saat bangun di pagi hari. Imam Nabawi menerangkan bahwa masuk kalimat ‘kami dibangkitkan’ adalah manusia bisa dihidupkan lagi kelak pada hari kiamat. Artinya, Rasulullah SAW mengatakan bahwa seseorang bisa bangun di pagi hari atau dibangkitkan pada hari kiamat setelah ‘dimatikan’.

Adab bangun tidur: 

Sementara itu, dirangkum dari MUI Digital, dalam Kitab Bidayat Al-Hidayah karya Imam Abu Hamid Al Ghazali sudah diterangkan tentang adab seorang Muslim Ketika ia bangun dari tidurnya. Berikut ini adab bangun tidur yang bisa dilakukan oleh umat Islam: 

a. Berusaha sebisa mungkin untuk bangun sebelum subuh.

b. Berbicara pertama kali dalam mulut dan hatinya adalah Dzikir kepada Allah. Dzikir adalah kegiatan ibadah untuk mengingat Allah SWT.

c. Membaca doa bangun tidur. 

Selain tiga adab dari Imam Al Ghazali di atas, secara umum kita juga dianjurkan untuk mencuci wajah dan tangan sebelum melakukan aktivitas lainnya. tidak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk membersihkan mulut dan gigi dengan siwak atau sikat gigi. Anjuran ini sangat penting diperhatikan juga, karena Ketika kita sedang tidur bau mulut biasanya berubah, dikarenakan uap dari perut naik. 

Manfaat doa sesudah tidur: 

Saat bangun tidur, hendaknya kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk membuka mata dan menjalankan aktivitas harian dengan baik. Berdoa sesudah bangun tidur juga melatih diri untuk selalu mengingat Allah SWT. Bahwasanya kita sebagai manusia bisa saja tidak dibangunkan Kembali dari tidur. Selain itu, membaca doa sesudah bangun tidur juga bernilai ibadah dan akan mendapatkan pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper