Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lepas Pengajuan HAKI Citayam Fashin Week, Baim: Jangan Salah Persepsi

Aktor Baim Wong memutuskan untuk melepas permohonan pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atas fenomena Citayam Fashion Week.
Model profesional Paula Verhoeven juga menjajal catwalk di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @paula_verhoeven
Model profesional Paula Verhoeven juga menjajal catwalk di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @paula_verhoeven

Bisnis.com, JAKARTA – Aktor Baim Wong memutuskan untuk melepas permohonan pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atas fenomena Citayam Fashion Week yang tengah digandrungi masyarakat.

Baim menyampaikan, keputusan tersebut diambilnya setelah muncul kontroversi perihal perusahaan PT Tiger Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Jadi memang kami mau melepaskan karena menurut saya, nggak mau jadi kayak seperti ini ya, nggak ada niat kita untuk... tadi juga berpikiran akan dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka, cuma saya bilang, daripada berkelanjutanlah, saya bisa bilang nggaklah. Kita niatnya tidak ke sana sama sekali," katanya dalam akun Youtube Baim Paula, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, Baim pun menyatakan dirinya dan istri tidak seambisius yang dibayangkan oleh orang-orang.

"Banyak orang sedih juga pas baca ketika mengambil untung dari ini. Aduh... saya bilang malah kami mau menjadikan ini suatu ajang besar dan hasilnya buat mereka semua," ujarnya.

Meski begitu, Baim mengaku bahwa reaksi dari warganet merupakan respon wajar. Namun, dia berharap agar ke depan warganet lebih terbuka dalam menyerap informasi dan tidak segera untuk mengambil kesimpulan.

"Saya tidak menyalahkan dan tidak dendam juga sama kalian, beneran nggak. Demi Allah nggak. Namun, alangkah baiknya kalau mendengarkan dulu, saling mendengarkan, baru beropini. Takutnya kan malah jadi kayak salah persepsi, jadi negatif, malah merugikan," tuturnya.

Dia pun mengaku bahwa baru mengerti perihal Citayam Fashion Week merupakan domain publik, apalagi menurutnya dirinya masih awam mengenal fungsi intelektual properti (IP)

"Jadi menurut saya, saya mengerti karena Harajuku pun yang punya Jepang dia tidak ada ininya [HAKI], karena itu domain publik. Oh begitu ya, saya bilang. Memang saya tidak tahu dan maaf banget kalau memang saya itu begitu, tetapi jauh sekali dengan persepsi orang yang mengambil untung atau gimana, malah saya mau kebalikannya, mau menjadikan ini seperti sebagai ajang yang bagus," ujar Baim.

Sekadar informasi, PT Tiger Wong melakukan permohonan atas merek Citayem Fashion Week yang teregistrasi dengan nomor JID2022052181 dan diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Citayam Fashion Week, yang didaftarkan perusahaan Baim Wong, juga akan menjadi layanan penyedia video daring yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Selain PT Tiger Wong, seseorang yang bernama Indigo Aditya Nugroho mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper