Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu China Wang Yi Puji Hubungan Baik China-Asean

Wang Yi mengatakan China dan Asean dihubungkan oleh pegunungan dan perairan serta hati dan aspirasi, serta selalu menjadi tetangga yang baik, teman baik dan mitra yang baik dengan masa depan bersama.
Sekretaris Jenderal Asean Dato Lim Jock Hoi bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Sekretariat Asean, Jakarta, Senin (11/7/2022)./dok.Asean
Sekretaris Jenderal Asean Dato Lim Jock Hoi bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Sekretariat Asean, Jakarta, Senin (11/7/2022)./dok.Asean

Bisninis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri China Wang Yi memuji hubungan antara Asean karena telah menjadi tetangga, teman dan mitra yang baik.

Dalam pidato kebijakan regional China di Sekretariat Asean Jakarta, Wang Yi mengatakan China dan Asean dihubungkan oleh pegunungan dan perairan serta hati dan aspirasi.

“Kami selalu menjadi tetangga yang baik, teman baik dan mitra yang baik dengan masa depan bersama. Saya telah terlibat secara pribadi dengan Asean selama lebih dari tiga dekade,” kata Wang Yi, Senin (11/7/2022)

Dalam beberapa tahun terakhir, Wang Yi telah mengunjungi negara-negara Asean hampir setiap tahun dan sering bertemu dengan menteri luar negeri ASEAN.

Selama 10 tahun terakhir khususnya, berkat bimbingan strategis dan komitmen pribadi Presiden Xi Jinping dan para pemimpin negara-negara Asean, hubungan China-Asean telah memasuki jalur cepat dan membuat kemajuan yang semakin pesat.

Dalam retrospeksi, perkembangan yang paling menggembirakan adalah bahwa hubungan China-Asean tetap unggul di banyak bidang.

“China adalah yang pertama menjalin kemitraan strategis dengan Asean, yang pertama bergabung dengan Treaty of Amity and Cooperation di Asia Tenggara, yang pertama memulai negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) dengan Asean,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan China menjadi yang pertama dalam memberikan dukungan tegas terhadap sentralitas Asean dalam kerja sama regional dan pertama yang secara terbuka menyatakan kesediaannya untuk menandatangani Protokol Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara.

"Rekan-rekan Asean memberi tahu saya bahwa di antara mitra dialog Asean, China memiliki hubungan yang paling bersemangat dan produktif dengan Asean," lanjutnya.

Ia menceritakan peristiwa yang paling mengharukan saat China dan negara-negara Asean telah berdiri bersama dalam solidaritas untuk melawan pandemi Covid-19. Ketika China pertama kali dilanda virus corona, negara-negara Asean segera menyatakan solidaritas dan dukungan dan menyumbang dalam bentuk uang dan barang untuk membantu negaranya melewati masa-masa sulit.

“Ketika negara-negara Asean terkena dampak pandemi, China melakukan yang terbaik untuk membantu saudara-saudara Asean menangkis virus, termasuk berbagi pengalaman tanggapan Covid tanpa syarat dan memberikan bantuan vaksin tepat waktu,” kata dia.

Wang Yi menegaskan bahwa kerja sama antara Asean dan China melawan Covid-19 adalah bukti nyata persahabatan yang dalam melalui suka dan duka, serta  memberikan contoh yang baik dalam bekerja sama untuk mengalahkan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper