Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Gerindra dan PKB Semakin Intim

Koalisi antara Gerindra dan PKB semakin mendekati kenyataan. Kedua elite partai tersebut bertemu menyatukan visi tadi malam.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)./Antara
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kedekatan antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semakin intens. Para elite politik kedua partai tersebut memperlihatkan gestur adanya kemungkinan kerja sama politik ke depan.

Salah satu momen menarik terekam tadi malam. Saat itu, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk membangun koalisi pada Pemilu 2024.

Kesepakatan koalisi antara kedua partai terjadi dalam Silaturahmi Kebangsaan Gerindra dan PKB dengan tema "Kebangkitan Indonesia Raya". Acara ini berlangsung di Kawasan Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.

"Kita sedang mencoba merumuskan Indonesia pada masa depan dalam Pemilu 2024, agar kerja sama antara PKB dan Gerindra sedang digagas di tingkat provinsi bisa efektif menggapai kemenangan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani, Kamis (30/6/2022).

Muzani memaparkan bahwa Gerindra saat ini seperti mendapat kawan. Dia juga mengatakan bahwa momentum ini adalah tindak lanjut dari pertemuan dua pentolan kedua partai sebelumnya. 

"Menggapai kemenangan itu apa? ya itu kebangkitan Indonesia Raya," ujarnya.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh elite kedua partai. Dari Gerindra, elite partai yang hadir di antaranya Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, serta 2 Wakil Ketua Umum Gerindra, yaitu Habiburokhman dan Sugiono.

Sedangkan dari PKB hadir Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, serta 2 Ketua DPP PKB Syaiful Huda dan Faisol Riza.

Selain elite partai acara itu juga dihadiri oleh seluruh DPD Gerindra Seluruh Indonesia dan DPW PKB Seluruh Indonesia. 

Prabowo-Cak Imin Tukar Cincin

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan bahwa partainya dan Gerindra hampir mencapai kesepakatan untuk mengusung Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi pertemuan Mas Bowo [Prabowo] dengan Gus Muhaimin ini setidaknya sudah ada isyarat-isyarat positif sangat kuat untuk menjadi pasangan, sudah tukar cincin, cuma belum di publik saja" katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (19/6/2022).

Pengusungan pasangan itu telah dipastikan hanya tinggal menunggu waktu pendeklarisian. Jazilul mengatakan prediksinya untuk mempublikasi paslon tersebut pada minggu atau bulan ini.

"Kita cari hari yang baik, belum bisa menentukan mudah-mudahan dalam waktu minggu-minggu ini atau bulan-bulan ini," ujarnya.

Saat ini, komunikasi antara kedua partai tersebut masih terus berjalan baik. Menurutnya, soal waktu hampir mencapai kesepakatan. 

"Ini hampir menemukan kesepakatan waktu, tinggal menunggu pengumuman resmi deklarasi, mohon doanya agar ini segera di launching ke publik," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper