Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Militer Perang Rusia vs Ukraina: Pertempuran Makin Sengit!

Simak update militer perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-123. Pertempuran sengit terjadi di wilayah ini.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  17:20 WIB
Update Militer Perang Rusia vs Ukraina: Pertempuran Makin Sengit!
Update Militer Perang Rusia vs Ukraina: Pertempuran Makin Sengit! - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tentara Ukraina mundur dari Sievierodonetsk dan kota-kota terdekat di seberang sungai karena situasi yang tidak menguntungkan di selatan Lysychansk. Simak update militer perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-123. 

Sementara itu, pasukan Rusia terus menekan para pembela Ukraina di selatan Bakhmut dan Lysychansk yang disebutkan sebelumnya. Mereka juga memasuki Hirske dan Zolote dan tidak menemui perlawanan. Di selatan, pasukan Ukraina tampaknya membebaskan kota Vysokopollia dan memaksa pasukan Rusia mundur.

Simak penjelasan detail perang Rusia vs Ukraina seperti yang dilansir dari Military Land pada Minggu (26/6/2022).

Update militer perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-123

Garis Depan Kharkiv

• Arah Kharkiv & Chuhuiv

Staf Umum Ukraina melaporkan peningkatan aktivitas pengintaian dan sabotase Rusia di daerah Kharkiv. Helikopter Rusia menyerang posisi Ukraina di Yavirske, hanya mengonfirmasi bahwa pemukiman itu berada di bawah kendali Ukraina.

Donet Siverskyi

• Arah Slovansk

Pasukan Rusia menangkap Dibrovne dan maju menuju Korulka. Serangan di desa itu berhasil dihalau. Mereka juga maju menuju Mazanivka dan secara singkat merebut pemukiman di pagi hari. Namun, pasukan Ukraina berhasil mendapatkan kembali beberapa posisi yang hilang pada sore hari. Adapun, pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di Dolyna dan Bohorodychne. Kedua serangan itu ditolak. Namun, pasukan Rusia tetap menguasai bagian utara Bohorodychne.

Daerah Bakhmut

Pasukan Rusia merebut Volodymyrivka dan secara bersamaan maju menuju Pokrovske dari Pylypchatyne dan Volodomyrivka. Rusia maju ke barat Roty dan mendorong para pembela Ukraina lebih dekat ke Pembangkit Listrik Vuhlehirsk.

Sementara itu, serangan terus menerus terhadap Vershyna menempatkan pasukan Ukraina yang ditempatkan di Novoluhanske dan pembangkit listrik terdekat dalam bahaya besar. Pemain bertahan Ukraina bertahan sejauh ini, tetapi situasinya tidak mudah.

Daerah Lysychansk

• Arah Sievierodonetsk

Pasukan Ukraina mundur sepenuhnya melintasi sungai Donets Siversky ke Lysychansk. Pertempuran Sievierodonetsk dan kota-kota terdekat telah berakhir.

• Arah Lysychansk

Pasukan Rusia menyerang pinggiran selatan Lysychansk. Namun, pembela Ukraina memukul mundur serangan Rusia ke arah Vovchoyarivka.

Sementara itu, propaganda Rusia tentang ribuan tentara Ukraina yang terkepung di daerah Zolote dan Hirske ternyata salah. Pasukan Rusia menangkap paling banyak selusin tentara Ukraina. Mereka yang tertangkap kemungkinan besar pasukan yang menutupi retret dan tidak berhasil tepat waktu.

Perbatasan Tenggara

• Oblast Donetsk

Pasukan Rusia berusaha maju ke arah Kamyanka untuk menguasai jalan utama, tetapi gagal dan terpaksa mundur. Adapun, Pasukan Rusia juga menyerang posisi Ukraina di Marinka dan New York tetapi tanpa hasil.

• Oblast Zaporizhzhia

Batalyon pertama Brigade Tank 1 Ukraina telah dipindahkan ke daerah Zelene Pole dan Vuhledar.

Garis Depan Kherson

Rekaman yang baru-baru ini dirilis oleh sumber-sumber Rusia menunjukkan bahwa Blaodatne berada di zona abu-abu dan kemungkinan besar tidak dikendalikan oleh kedua pihak.

Adapun, situasi menarik telah berkembang di utara Oblast Kherson. Staf Umum Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia mundur dari posisi pertahanan yang telah disiapkan ke Olhyne, tanpa memberikan informasi tambahan apa pun.

Keesokan harinya, pasukan Ukraina dilaporkan menangkis serangan Rusia dari arah Potomkyne menuju Vysokopillya. BTG Rusia berusaha untuk mendapatkan kembali posisi yang hilang, tetapi justru menemui perlawanan sengit dan memilih mundur.

Jika pernyataan Staf Umum Ukraina itu benar, maka tampaknya pasukan Ukraina menguasai Vysokopillya. Laporan baru-baru ini juga didukung oleh penduduk setempat di media sosial, yang melaporkan penembakan di Vysokopillya selama beberapa hari terakhir. Artinya, ini mengindikasikan memang ada pertempuran dan Tentara Ukraina memperoleh beberapa kekuatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top