Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suami Pertama Megawati Jadi Nama Gedung TNI AU, Ini Profil Surindro Supjarso

Suami Pertama Megawati Soekarnoputri menjadi nama Gedung Kapten Penerbang (Pnb) Anumerta Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  23:19 WIB
Suami Pertama Megawati Jadi Nama Gedung TNI AU, Ini Profil Surindro Supjarso
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Ketua DPR, Puan Maharani, saat meresmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso, di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022). ANTARA - HO/PDI Perjuangan

Bisnis.com, JAKARTA – TNI AU meresmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

Peresmian tersebut disaksikan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Ketua DPR Puan Maharani. Tak hanya itu, peresmian gedung tersebut turut dihadiri Mohammad Rizki Pratama dan Prananda Prabowo, dua anak Megawati Soekarnoputri dari hasil perkawinannya dengan Surindro Supjarso. Sementara itu, Megawati mengikuti peresmian secara virtual.

"Atas nama TNI AU, kami ingin mengabadikan nama bapak Kapten Penerbang Surindro Supjarso sebagai nama gedung ini. Hal tersebut sebagai wujud rasa hormat kami, rasa bangga kami, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas darma bakti beliau bagi Tanah Air dan angkasa Indonesia," kata Prasetyo, dikutip dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Sementara itu, Puan Maharani menyampaikan permintaan maaf karena sang ibu tidak bisa menghadiri peresmian Gedung Surindro Supjarso secara langsung. Terutama kepada veteran sesama rekan Surindro Supjarso saat mengabdi sebagai penerbang TNI AU.

“Izinkan saya menyampaikan salam dari Ibu Mega kepada para sesepuh dan Ibu-Ibu istri mantan personel Skuadron 41 dan 42, yang pernah bersama-sama bertugas dan berinteraksi bersama Almarhum Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso dan Ibu Megawati Soekarnoputri,” ungkap Puan. 

Surindro Supjarso merupakan perwira TNI AU yang gugur ketika bertugas setelah pesawat Skyvan T-701 yang dipilotinya terjatuh di Perairan Biak, Papua, pada 1970. Surindro dan Megawati menikah pada 1 Juni 1968, atau dua tahun sebelum Surindro dinyatakan hilang.

Dikutip dari Kepustakaan Presiden Perpusnas, Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso merupakan perwira menengah di Tentara Nasional Angkatan Udara Republik Indonesia. Sosoknya seringkali digambarkan sebagai pria yang tinggi jangkung dan berwajah ganteng dengan model rambutnya berjambul.

Di kalangan rekan-rekannya, ia kerap dipanggil dengan Pacul. Surindro adalah sahabat karib Guntur Soekarnoputra, kakak Megawati. Konon, Gunturlah yang menjodohkan Mega dengan Surindro.

Surindro mengalami kecelakaan di perairan Biak, Irian Jaya, pada tahun 1970. Saat itu perwira AURI itu tengah mempiloti pesawat Skyvan T-701. Setelah pencarian selama berbulan-bulan, Surindro pun dinyatakan hilang. Ketika suaminya mengalami kecelakaan, Megawati tengah hamil anak kedua.

Pasangan Surindro dengan Megawati dikaruniai dua orang anak yaitu Mohammad Prananda dan Mohammad Rizki Pratama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati tni au puan maharani pdip megawati

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top