Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polri Kuasai Institusi: dari BIN, KPK hingga Kemendagri

Sejumlah perwira aktif maupun purnawirawan aktif menduduki berbagai jabatan di kementerian. Tren ini terjadi 24 tahun pasca reformasi.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  13:10 WIB
Polri Kuasai Institusi: dari BIN, KPK hingga Kemendagri
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan tanggapannya saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR di komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak pemisahan dwifungsi ABRI, militer dilarang cawe-cawe urusan sipil dan kamtibmas. Sebaliknya, kamtibmas menjadi urusan Polri

Menariknya, lebih dari 24 tahun reformasi berjalan tren aparat masuk ke pemerintahan sipil mulai marak. Salah satu yang paling kentara adalah keberadaan perwira Polri aktif maupun yang sudah purnawirawan menduduki posisi strategis di sejumlah kementerian dan institusi non kementerian.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan adalah satu di antara sekian banyak polisi tersebut.

M Iriawan atau Iwan Bule, terdapat beberapa pejabat atau ketua dari instansi pemerintahan yang dahulunya merupakan pejabat atau orang yang memiliki jabatan di kepolisian.

Berikut nama-namanya:

Firli Bahuri (KPK)

Komjen. Pol Drs. Firli Bahuri, M.Si merupakan purnawiaran polisi yang sejak tahun 2019 menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), 

Firli sendiri di kepolisian pernah menjadi Kepala Polisi Daerah atau Kapolda di Sumatera Utara sebelum dirinya pindah menjadi analisis kebijakan utama Baharkam Polris sebelum menjabat sebagai ketua KPK.

Budi Gunawan (BIN)

Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si menjabat sebagai ketua Badan Intelejen Nasional (BIN) sejak tahun 2016 lalu. Sebelum terjung ke BIN, Budi Gunawan merupakan Wakil Ketua Kepolisian Indonesia atau Wakapolri sejak tahun 2015.

Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri)

Siapa yang tak kenal dengan Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, dirinya merupakan seorang Kapolda Metro Jaya yang akhirny menjabat menjadi Kapolri sejak tahun 2016 dan pada tahun 2019 dirinya diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri.

Budi Waseso (Ka Bulog dan Pramuka)

Komjen. Pol. Drs. Budi Waseso saat ini menjabat sebagai kepala Bulog dan Ketua dari kwatir Nasional (Kwanas) Pramuka sejak tahun 2018. Sebelumnya Budi Waseso merupakan seorang yang menjabat sebagai Kabareskrim Polri dan pernah menjabat sebagai ketua BNN.

Boy Rafli Amar (BNPT)

Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar saat ini menjabat sebagai kepala Badan Nasional Penangulangan Terorisme (BNPT) sejak tahun 2020. Sebelum menjabat sebagai Ka BNPT, Boy Rafli menjabat sebagai Kadivhumas Polri di tahun 2016 dan Kapolda Papua pada tahun 2017.

Petrus Reinhard Golose (BNN)

Komjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose saat ini menjabat sebagai kepala Badan Narkotika Nasional atau BNN sejak tahun 2020. Sebelumnya ia menjabay sebagai deputi di BNPT pada tahun 2015 dan akhirnya menjadi Kapolda Bali pada tahun 2016.

Antam Novambar (Sekjen KKP)

Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Raden Antam Novambar saat ini menjabat sebagai Sekretariat Jendral Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebelum menjabat di KKP, Antam Novambar merupakan Wabareskrim sejak tahun 2016 yang akhirnya pensiun pada tahun 2020 dan di mutasi ke KKP.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri pssi Firli Bahuri
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top