Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Umumkan 10 Calon Anggota BPK, Ada Anggito Abimanyu dan 3 Politikus

Nama Anggito Abimanyu dan tiga polikus yang lolos seleksi sebagai calon Anggota BPK.
Anggito Abimanyu/Ilustrasi
Anggito Abimanyu/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi XI DPR RI mengumumkan 10 nama Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) periode 2022 - 2027.

Kesepuluh nama tersebut dipilih berdasarkan Keputusan Rapat Internal Komisi XI DPR RI tanggal 12 Januari 2022.

Adapun calon-calon tersebut nantinya akan mengikuti pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Untuk memenuhi prinsip transparansi publik, DPR mempublikasikan 10 calon BPK guna memperoleh masukan masyarakat yang akan dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih 1 orang sebagai Anggota sah BPK RI.

Berikut 10 Nama Calon Anggota BPK RI:

1. Ahmadi Noor Supit

Seorang politisi yang tergabung di Partai Golkar. Pernah menduduki kursi DPR-RI Komisi XI mewakili daerah pemilihan Kalimantan Selatan I. Pada Pemilu Legislatif 2009 ia mengantongi 42.946 suara. Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi Ketua Komisi XI DPR-RI pada 2014-2019.

2. Izhari Mawardi

Seorang Direktur perusahaan konsorsium, Maina Nauli Group. Aktif menduduki jabatan publik yang berasal dari Partai Golkar sebagai Kepala Keuangan dan Bursa Efek. Di tahun 2019-2021, Izhari Mawardi menjabat sebagai Director of Government Engagement untuk Indonesia dan Filipina, yang berbasis di Jakarta

3. Nugroho Agung Wijoyo

Seorang Analis Kebijakan Madya, Kementerian Keuangan. Ia juga pernah menjadi anggota dewan di PT Greenwood Sejahtera Tbk, perusahaan pengembang properti.

4. Rachmat Manggala Purba

Pernah menjabat sebagai Dirut PT. Rekajasa Mitra Persada Indonesia yang merupakan konsultan manajmeen. Memiliki pengalaman di perusahaan penilai, ia juga pernah membantu Pemda mempersiapkan neraca awal daerah dan pengolahan aset.

5. Tjipta Purwita

Ketua Komite Pengembangan Organisasi, SDM dan Penguatan Wilayah yang juga menjabat sebagai Dirut PT Inhutani II. Alumni IPB angkatan 17 ini memiliki misi untuk selalu amanah dan bertanggung jawab dalam setiap pekerjaannya.

6. Abdul Rahman Farizi

Sosoknya masih baru dikenal diperwajahan politik Indonesia, ia berasal dari daerah Sulawesi Tenggara.

7. Wahyu Sanjaya

Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari daerah pemilihan Sumatra Selatan II. Ia bernaung di partai politik Demokrat. Pada tahun 2021, terpilih menjadi Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR.

8. Anggito Abimanyu

Menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2012.

9. Dori Santosa

Merupakan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali yang berperan sebagai Auditor Utama VI BPK. Jabatan tersebut setara dengan dirjen atau pejabat eselon I di Kementerian.

10. Erryl Prima Putera Agoes

Menjabat sebagai DIrektur Pelanggaran HAM di Kejaksaan Agung. Namanya dikenal luar di wilayah Maluku Utara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper