Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ibadah Haji 2022, Sebanyak 8.702 Jemaah Sudah Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 8.702 jemaah haji asal Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Saat ini mereka sudah berada di Madinah.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  06:01 WIB
Ibadah Haji 2022, Sebanyak 8.702 Jemaah Sudah Berangkat ke Tanah Suci
Jemaah calon haji berpamitan kepada kerabatnya saat akan diberangkatkan dari Alun-alun Cilegon, Banten, Selasa (7/6/2022). Sebanyak 389 orang jemaah calon haji asal Cilegon yang tergabung dalam Kloter 8 dilepas para kerabat dan anggota keluarga saat diberangkatkan menuju Asrama Haji Pondok Gede untuk diterbangkan ke Tanah Suci. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman - foc.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 8.702 jemaah haji asal Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Saat ini mereka sudah berada di Madinah.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menyampaikan bahwa operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M sudah memasuki hari ke-5. Sebanyak 8.702 jemaah sudah berada di Madinah.

"Sampai hari ini, total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 8.702 orang," terang Wibowo Prasetyo saat konpres di Media Center Haji, Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (8/6/2022) dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis (9/6/2022).

Untuk keberangkatan jemaah haji pada Rabu (8/6/2022), ada 1.949 orang dari empat embarkasi, yaitu: yaitu: dua kloter dari Embarkasi Jakarta - Pongok Gede (JKG), dan masing-masing stu kloter dari embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC).

Berikut data keberangkatan jemaah haji pada 8 Juni 2022:

- Embarkasi JKG: 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 786 orang;

- Embarkasi JKS: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 410 orang;

- Embarkasi PDG: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 393 orang; dan

- Embarkasi SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang.

Wibowo menambahkan, jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang satu seluruhnya mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Setelah menjalani ibadah Arbain dan ziarah, mereka diberangkatkan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

“Data jemaah sakit sebanyak dua orang dan saat ini dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Ada satu jemaah haji meninggal,” paparnya.

"Mari kita doakan bersama semoga jemaah haji yang sedang sakit segera mendapatkan kesembuhan dan bagi jemaah yang wafat mendapatkan ampunan dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Kami tegaskan kembali bahwa pemerintah akan membadalhajikan seluruh jemaah haji yang wafat sebelum pelaksanaan wukuf," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji madinah
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top