Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Terseret Sungai Aare, Anak Ridwan Kamil Pastikan Adik dan Temannya Selamat

Sebelum terbawa arus Sungai Aare, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn memastikan adiknya, Camillia Laetitia Azzahra dan temannya selamat.
Sungai Aare sumber airnya dari Pegunungan Alpen membelah kota Bern, Swiss./Greatruns.com
Sungai Aare sumber airnya dari Pegunungan Alpen membelah kota Bern, Swiss./Greatruns.com

Bisnis.com, BANDUNG – Sebelum terbawa arus Sungai Aare di Swiss, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn memastikan adiknya, Camillia Laetitia Azzahra dan temannya bisa naik ke permukaan tanah dengan selamat.

Dia memilih titik paling aman untuk berenang berdasarkan analisa dan himpunan informasi yang tersedia mengenai tempat wisata itu.

Hal itu disampaikan oleh adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, yang berperan sebagai perwakilan keluarga sekaligus juru bicara pada Sabtu (28/5/2022).

Menurutnya, Emmeril memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Pertama, sebelum memutuskan untuk berenang, dia sudah mengumpulkan informasi Sungai Aare, termasuk memilih siapa saja yang boleh berenang dengan pertimbangan kemampuan berenang dan fisik.

“Dari keterangan keluarga, sebelum melakukan berenang, Eril (sapaan Emmeril) memastikan titik mana yang aman. Beberapa titik diperhatikan, titik jembatan (untuk meloncat ke sungai) langsung dicoret. Dianggap tidak aman,” katanya dalam jumpa pers daring di Gedung Pakuan, Bandung.

“Dia memilih yang paling aman, titik turunnya yang ada tangga dan memastikan tidak ada yang loncat,” dia melanjutkan.

Eril saat itu berenang bersama adik perempuan dan satu temannya yang sudah lama tinggal di Swiss. Saat berenang, dia mengambil posisi di belakang, memastikan adik dan temannya terlihat.

Bukan tanpa alasan dia mengambil posisi tersebut. Selain bisa memastikan adik dan temannya selamat, Eril memiliki keahlian berenang lebih, termasuk menyelam dan bisa mengukur arus air.

Namun, meski semua risiko sudah diantisipasi, saat itu ada arus deras. Adik dan temannya dipastikan untuk naik ke daratan terlebih dahulu.

“Rasa tanggung jawab yang tinggi ini, dia mengambil posisi belakang, memastikan semua aman. Secara mental fisik siap, tapi ada hal yang tidak bisa diatur. Debit air lebih tinggi dari pada hari biasa,” kata Elpi.

“Di lokasi, tidak ada protokoler (Pemprov Jabar) yang menemani. Semua melekat di Gubernur (Ridwan Kamil) di Inggris. Ponakan kami ini insting alamiah menjaga kelompok, memastikan ibunya tidak ikut turun. Hanya yang punya skill yang cukup. Begitu situasinya,” tambah Elpi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper