Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-82: Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Rusia Berang

Berikut rangkuman peristiwa perang Rusia vs Ukraina hari ke-82. Rusia berang gara-gara Finlandia dan Swedia gabung NATO.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  13:31 WIB
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-82: Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Rusia Berang
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-82 sejak awal invasi. Setelah bergabungnya Finlandia dalam keanggotaan NATO, negara non-blok lainnya seperti Swedia terindikasi akan mengikuti langkah yang diambil Finlandia.

Selain itu, intelijen Inggris mengungkapkan bahwa Rusia mungkin telah kehilangan sebanyak sepertiga dari pasukan yang melakukan invasi ke Ukraina.

Berikut rangkuman peristiwa perang Rusia vs Ukraina hari ke-82 yang dilansir dari The Guardian pada Senin (16/5/2022).

Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Swedia mengikuti langkah Finlandia untuk bergabung dengan aliansi NATO. Langkah tersebut diambil Swedia atas setelah invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Sekretaris Jendral NATO Jens Stoltenberg mengatakan NATO akan memberikan jaminan keamanan dan akan mendapatkan bantuan militer kepada kedua negara tersebut.

Rusia Cabut Pasokan Listrik Finlandia

Setelah Finlandia menyatakan untuk bergabung dengan NATO, Rusia langsung mengambil tindakan tegas dengan mencabutnya pasokan listrik ke Finlandia yang berbatasan dengan negara itu sepanjang 1.300 km (800 mil).

Jaminan Dukungan Militer dari NATO untuk Ukraina

Pada pertemuan aliansi Menteri Luar Negeri di Berlin, NATO menjanjikan dukungan militer untuk Ukraina pada hari Minggu. Perwakilan dari Jerman, Annalena Baerbock mengatakan bahwa dalam pertemuan itu akan memberikan jaminan bantuan militer kepada Ukraina selama mereka membutuhkan dukungan tersebut untuk mempertahankan negara nya.

400 Pasukan Rusia Diperkirakan Tewas dalam Sepekan

Intelijen Inggris mengungkapkan bahwa Rusia mungkin telah kehilangan sebanyak sepertiga dari pasukan invasi. Pasalnya, lebih dari 400 tentara Rusia diperkirakan tewas atau terluka saat mencoba menyeberangi sungai Donets pekan lalu.

Sementara itu, Kepala pertahanan Inggris mengatakan bahwa serangan Rusia di wilayah Donbas timur telah kehilangan momentum dan menyebutkan bahwa rencana pertempuran Rusia saat ini sangat terlambat dari jadwal.

Zelenksy Peringatkan Pasukan di Wilayah Donbas

Presiden Ukraina Volodymr Zelensky telah memperingatkan pasukannya atas kondisi militer yang akan menjadi sulit di wilayah Donbas tenggara Ukraina. Hal ini dia sebutkan karena para analis mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mendominasi wilayah Ukraina Selatan dan Timur dalam beberapa bulan ke depan.

Peluncuran Rudal Rusia Sikat Habis Amunisi Militer Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah melakukan serangan rudal berpresisi tinggi pada empat depot amunisi artileri di daerah Donetsk timur, Ukraina. Rusia juga mengklaim serangan udaranya telah menghancurkan dua sistem peluncuran rudal, radar dan 15 drone Ukraina di sekitar Donetsk dan Lugansk.

Pasukan Ukraina Berhasil Menerobos ke Perbatasan Rusia di Kharkiv

Pasukan Ukraina berhasil membuat terobosan pertama kalinya untuk sampai ke perbatasan Rusia di wilayah Kharkhiv hari ini. Hal itu berbarengan dengan pasukan Rusia yang tengah berjuang untuk mendominasi di wilayah Ukraina lainnya.

Investigasi Tindakan Pemerkosaan Tentara Rusia

Pihak berwenang Ukraina saat ini sedang melakukan 10 investigasi untuk tindakan pemerkosaan aktif yang melibatkan tentara Rusia dan menyerukan agar korban lainnya ikut melapor.

Kemenangan Band Ukraina di Eurovision Memberi Semangat 

Kalush Orchestra merupakan band asal Ukraina yang memenangkan ajang kompetisi Eurovision tadi malam, kemenangan itu diharapkan akan mengangkat semangat masyarakat Ukraina.

Serangan siber di situs dewan kota Lviv mengakibatkan data curian yang akhirnya dipublikasikan pada saluran Telegram yang terhubung ke Rusia. Kejadian ini terjadi pada akhir pekan saat ajang kompetisi Eurovision berlangsung. Namun, sejumlah polisi Italia berhasil menggagalkan serangan hacker oleh kelompok pro-Rusia tersebut.

Zelensky Peringatkan Perang Akan Memicu Kekurangan Pangan Global

Zelensky telah memperingatkan bahwa perang di negaranya berisiko memicu kekurangan pangan global. Dia juga telah mendesak intervensi internasional untuk mencegah kelaparan global. Sebagai informasi, bahwa Ukraina merupakan pemasok 12 persen gandum, 15 persen jagung, dan setengah minyak bunga matahari untuk dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato Rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top