Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-77: Pasukan Rusia Dipaksa Mundur

Artileri Rusia mulai menembaki beberapa pemukiman di dekat perbatasan Sumy dan Chernihiv, dan telah membuat keuntungan kecil di daerah Siverskyi Donets.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  11:22 WIB
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-77. Pada hari ini, pasukan Ukraina terus mendorong pasukan Rusia menjauh dari Kharkiv dan usaha tersebut membuahkan hasil.

Dalam laporan lain, artileri Rusia mulai menembaki beberapa pemukiman di dekat perbatasan Sumy dan Chernihiv, dan mereka telah membuat keuntungan kecil di daerah Siverskyi Donets. Selain itu, Belarus telah mengerahkan pasukan operasi khusus ke perbatasan mereka dengan Ukraina.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Rabu (11/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Kharkiv

Di Kharkiv, pasukan Ukraina berhasil membebaskan pemukiman Pytomnyk dan tentara Rusia dilaporkan mulai menarik diri dari daerah Kharkiv melintasi perbatasan lalu kembali ke Rusia. Menurut informasi yang belum dikonfirmasi, berapa pasukan terdepan Ukraina telah mencapai perbatasan di daerah Bairak.

Donet Siverskyi

Pada hari ini, pasukan Rusia berhasil merebut bagian Velyka Komyshuvakha yang tersisa, dan membuat pasukan Ukraina mundur ke arah Hrushuvakha dan Barvinkove. Situasi di sekitar Oleksandrivka tetap rumit, tetapi pasukan Ukraina memegang kendali.

Dalam laporan lain, pembela Ukraina berhasil menangkis serangan Rusia di daerah Toshkivka dan Orikhove. Pertempuran berlanjut di Rubizhne, Vojevodivka dan di sekitar Popasna dan Lyman.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Oleksandrivka, Lyman, Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, Toshkivka

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Di Donetsk, setelah pada hari kemarin pasukan Rusia menerobos beberapa daerah di Donteks. Per hari ini, Pasukan Ukraina akhirnya berhasil memukul mundur pasukan Rusia ke arah Avdiivka dan Kamyank.

• Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

• Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

• Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, tidak ada perubahan yang signifikan. Namun, masih terdapat setidaknya 100 warga sipil yang berada di Azovstal. Namun, Rusia masih terus melakukan serangan secara intens ke wilayah sekitar Azovstal dan membuat warga sipil tersebut masih terkepung di Azovstal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top