Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusia Bantah Rumor Putin Akan Deklarasi Perang Total 9 Mei

Rusia telah membantah rumor beredar soal rencana Presiden Vladimir Putin mendeklarasikan perang melawan Ukraina pada 9 Mei 2022.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  14:26 WIB
Seorang warga menonton siaran langsung Vladimir Putin, Presiden Rusia, saat menyampaikan pidato, di Moskwa, Rusia, Senin (22/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk
Seorang warga menonton siaran langsung Vladimir Putin, Presiden Rusia, saat menyampaikan pidato, di Moskwa, Rusia, Senin (22/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk "demiliterisasi" Ukraina, yang memicu kecaman internasional dan ancaman AS akan "sanksi berat" lebih lanjut terhadap Moskwa. - Bloomberg/Andrey Rudakov

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Rusia membantah spekulasi soal rencana Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mendeklarasikan perang melawan Ukraina pada 9 Mei 2022.

Juru bicara Kremlin Dmirty Peskov menyampaikan bahwa rumor tersebut tidak masuk akal dan tidak benar. Peskov juga meminta agar masyarakat tidak percaya dengan spekulasi mengenai kemungkinan adanya keputusan tentang mobilisasi nasional.

Meski demikian, dikutip dari BBC Kamis (5/5/2022), para pejabat barat tetap berspekulasi bahwa Putin akan menggunakan parade kemenangan Senin (9/5/2022) pekan depan sebagai ajang untuk mengumumkan eskalasi aksi militer.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace sebelumnya telah menjelaskan bahwa Putin menyebut keberadaan Nazi yang ada di mana-mana. Tak hanya di Ukraina, Putin juga menganggap bahwa anggota NATO penuh dengan Nazi.

Sebagai konteks, Hari Kemenangan 9 Mei merupakan salah satu hari paling membanggakan dalam kalender Rusia. Hari tersebut menandai peran Soviet dalam mengalahkan Nazi Jerman dalam Perang Dunia ke II.

Pada hari kemenangan, pasukan Rusia biasanya melakukan parade dalam pertunjukan patriotik besar, termasuk untuk memamerkan persenjataan militer milik negara.

Sampai hari ini, perang Rusia dan Ukraina telah memasuki hari ke-71 sejak awal invasi pada akhir Maret 2022. Dikutip dari The Guardian Kamis (5/5), Rusia akan melakukan gencatan senjata selama tiga hari pada Kamis (5/5) hingga Sabtu (7/5). Ini merupakan kesempatan bagi Ukraina untuk melakukan lebih banyak evakuasi warga sipil dari pabrik baja Azovstal, yang merupakan benteng pertahanan terakhir Ukraina di Mariupol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia vladimir putin Ukraina
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top