Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Dorong ASN Belanjakan THR untuk Beli Produk Daerah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan agar aparatur sipil negara (ASN) dapat membelanjakan tunjangan hari raya (THR) untuk membeli produk ekonomi kreatif khas daerah.
Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan agar aparatur sipil negara (ASN) dapat membelanjakan tunjangan hari raya (THR) untuk membeli produk ekonomi kreatif khas daerah.

"Saya selalu bilang jangan hanya membeli produk ekonomi kreatif dari kota besar untuk dibawa ke daerah sebagai oleh-oleh tetapi juga sebaliknya. Produk-produk kreatif di desa wisata maupun di daerah bisa dibeli juga untuk oleh-oleh rekan kerja di kota," katanya kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Lebih lanjut, dia berharap para pegawai yang memperoleh THR bisa membelanjakan uang mereka saat mudik di kampung halaman.

"Khusus ASN ada Rp34 triliun. Itu baru ASN, belum perusahaan swasta, pasti lebih besar," ujarnya.

Dia menilai, apabila ASN turut membelanjakan THR mereka untuk produk ekonomi kreatif diharapkan momentum Lebaran bisa meningkatkan perekonomian usai pandemi Covid-19, sebab perekonomian Indonesia berbasis konsumsi.

Sementara itu, pihaknya mencatat sekitar 60 persen dari total pemudik yang diperkirakan sebanyak 85 juta orang akan melakukan kegiatan wisata dan ekonomi kreatif.

Melihat tren sebelumnya, rata-rata setiap keluarga mengeluarkan Rp1,5 juta untuk berbelanja. 

"Jadi ada sekitar Rp72 triliun peluang ekonomi yang bisa terserap. Harapannya ini bisa menjadi momentum kebangkitan, yang terpenting adalah bisa membuka lapangan kerja yang sangat dibutuhkan masyarakat," kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper