Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uji Coba Ganjil-Genap Dimulai dari Cikampek KM 47 - Palimanan KM 188

Hari ini uji coba ganjil genap akan dimulai dari Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Palimanan KM 188.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 26 April 2022  |  09:39 WIB
Uji coba ganjil genap di jalur mudik Lebaran 2022 di Tol Cikampek, Senin (25/4/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @tmcpoldametro
Uji coba ganjil genap di jalur mudik Lebaran 2022 di Tol Cikampek, Senin (25/4/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @tmcpoldametro

Bisnis.com, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan uji coba ganjil-genap di sepanjang ruas tol Jakarta sampai Semarang secara bertahap selama tiga hari. Uji coba ganjil-genap dilakukan sebelum puncak mudik Lebaran tiba.

Pada hari pertama, yaitu Senin (25/4/2022), uji coba ganjil-genap dilakukan di tol Jakarta–Cikampek, yaitu KM 47 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, Karawang, Jawa Barat. Sementara pada hari ini, uji coba akan dimulai dari tol Cikampek KM 47 hingga gerbang tol Palimanan KM 188.

“Karena ini masih uji coba, baru sampai dengan Gerbang Tol Cikampek. Itu tidak ada permasalahan,” ujar Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi dikutip dari situs korlantas.polri.go.id, Selasa (26/4/2022).

Eddy menjelaskan bahwa uji coba ganjil-genap tersebut sebagai simulasi upaya mengurangi kemacetan pada saat penerapan ganjil genap pada Kamis (28/4/2022). Saat meninjau langsung, Eddy memastikan kepolisian siap untuk menerapkan kebijakan tersebut.

“Yang mana kapasitas jalannya tidak sesuai dengan volume yang nantinya akan macet. Makanya kita melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas dengan uji coba ganjil-genap saat sekarang ini,” jelasnya.

Eddy menjelaskan bahwa pada uji coba ganjil genap kemarin, kendaraan yang nomor pelatnya tak sesuai dialihkan ke jalur arteri. Dia memastikan telah menyiapkan jalur arteri yang dimaksud pada saat pelaksanaan ganjil genap resmi.

“Yang tidak sesuai sudah saya sampaikan ini akan kita alihkan arusnya untuk melewati ke jalur arteri yang sudah disiapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, ada beberapa kendaraan yang dikecualikan dalam penerapan ganjil genap ini. Hal itu sudah tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB).

“Ambulans, kendaraan TNI Polri yang akan mengangkut orang sakit dan lain sebagainya, itu merupakan pengecualian,” tutur Eddy.

Adapun uji coba penerapan ganjil-genap dilakukan sebelum Kamis (28/4). Hari ini dilakukan dimulai dari Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Palimanan KM 188.

Sedangkan hari terakhir uji coba, Rabu (27/4/2022) dari Tol Cikampek KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 414.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjil genap Mudik Lebaran tol jakarta-cikampek
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top