Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengendarai Mobil

Mengantuk adalah hal manusiawi yang dapat dirasakan oleh kebanyakan orang. Namun, bagaimana menghilangkan rasa ngantuk saat menyetir.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 19 April 2022  |  19:25 WIB
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya saat hari pertama larangan mudik di kota setempat, Kamis (6/5/2021). - Antara \r\n
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya saat hari pertama larangan mudik di kota setempat, Kamis (6/5/2021). - Antara \\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Dengan adanya perizinan untuk melakukan mudik lebaran di tahun 2022 ini, dipastikan banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk pulang ke kampung setelah dalam dua tahun terakhir pelaksanaan mudik ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Pada mudik tahun ini, dipastikan semua moda transportasi akan digunakan oleh pemudik untuk kembali ke kampung halaman mereka masing-masing, salah satunya adalah kendaraan pribadi atau mobil.

Mengutip dari postingan presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam instagramnya, Senin (18/4/22). Beliau membeberkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan jika tercatat akan ada sekitar 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh pemudik pada tahun ini.

Dengan banyaknya jumlah pemudik tersebut akan membuat kemacetan yang berakibat kecelakaan karena rasa kelelahan ketika menunggu kemacetan terurai. Salah satu kelelahan yang menjadi momok ketika mengendarai kendaraan pribadi entah motor atau mobil, adalah mengantuk.

Mengantuk merupakan salah satu hal manusiawi yang dapat dirasakan oleh kebanyakan orang, Akan tetapi, ada beberapa cara atau hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantuk ketika sedang dalam perjalan yang mengharuskan Anda mengendarai mobil ketika Anda mudik.

Dilansir dari beberapa sumber pada Selasa (19/4/22) terdapat cara untuk mencegah kantuk ketika sedang menyetir atau mengendarai mobil.

  1. Istirahat yang Cukup

Ketika ingin melakukan perjalanan jauh seperti mudik dengan kendaraan pribadi, pastikanlah Anda mendapatkan istirahat yang cukup sehari sebelum keberangkatan. Dengan istirahat yang cukup dan maksimal, akan membuat tubuh Anda terasa segar dan dapat membawa kendaraan tanpa adanya rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba.

  1. Hindari Obat-obatan yang Menyebabkan Kantuk

Bila kondisi badan tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk tetap menyetir setelah minum obat. Kebanyakan obat-obatan dapat mengakibatkan kantuk, terutama obat flu. Jika memang harus meminum obat, istirahatlah sebentar dari kegiatan menyetir dan tukar posisi dengan keluarga lainnya yang bisa menyetir. Namun, jika tak memiliki orang lain yang bisa menggantikan, istirahatlah sebentar di rest area sampai rasa kantuk itu hilang.

  1. Selalu Sediakan Minum

Sediakanlah kopi atau minuman berenergi untuk menemani Anda ketika mengemudi. Akan tetapi, jangan terlalu banyak konsumsi minuman tersebut secara sembarangan dan terlalu banyak. Selain kedua minuman tersebut, sediakan air mineral yang berguna untuk menetralisir dan membuat tubuh sehat.

  1. Mainkan Musik Up-Beat 

Musik adalah obat dalam semua situasi perasaan dan kondisi, salah satunya adalah mengobati rasa kantuk. Ketika Anda mengantuk saat mengendarai kendaraan, coba untuk putar musik dengan beat yang mengajak untuk berjoget. Sebab, jika mendengarkan musik dengan irama seperti itu, tubuh Anda akan otomatis bergerak dan menghindari rasa kantuk yang ada.

  1. Cari Teman Bicara

Salah satu kegunaan terdapat satu orang di sebelah pengemudi adalah menjadi teman berbicara. Ketika perjalan panjang dan tidak ada teman untuk mengobrol dan semacamnya, perjalanan akan menjadi membosankan yang berakibat pada rasa kantuk timbul secara perlahan. 

Maka dari itu, coba untuk meminta agar terdapat orang yang menemani Anda di kursi depan untuk sekedar menemani berbicara apapun agar perjalanan tidak membosankan sehingga terhindar dari rasa kantuk.

  1. Cari Tempat Istirahat

Poin ini merupakan poin terpenting dari semuanya. Ketika memang sudah tidak sanggup untuk menahan kantuk dengan semua cara di atas, cobalah untuk mencari tempat bersinggah seperti rest area atau losmen yang digunakan untuk sekedar mencharge badan untuk melanjutkan perjalanan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tidur Mudik Lebaran Info Mudik
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top