Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ade Armando Datangi Lokasi Demo BEM SI di DPR, Ada Apa?

Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando datang ke lokasi demonstrasi mahasiswa BEM SI di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta pada Senin 11 April 2022.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 11 April 2022  |  13:22 WIB
Ade Armando Datangi Lokasi Demo BEM SI di DPR, Ada Apa?
Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando datang ke lokasi demonstrasi mahasiswa BEM SI di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin 11 April 2022. - Bisnis/Indra Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando datang ke lokasi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/4) sekitar pukul 12.30 WIB.

Ade mengungkapkan niatnya datang untuk mendukung secara moril aksi demo BEM SI. "Saya mendukung gerakan ini, karena saya pun salah satu pihak yang menolak perpanjangan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden," ujar Ade di depan gedung parlemen, Senin (11/4/2022).

Selain itu, Ade mengaku menyesalkan perpecahan aliansi antara BEM UI dengan BEM SI. Dia khawatir jika perpecahan tersebut justru mengendurkan gerakan mahasiswa.

"BEM UI itu bikin aliansi mahasiswa, kan. Nah dia gak setuju dengan BEM SI yang ini nih. Kenapanya tuh gak jelas," ujar Ade.

"Gerakannya jadi childish karena perbedaan-perbedaan itu. Itu sangat disayangkan," sambung Ade.

Menurut Ade seharusnya gerakan mahasiswa bersatu. Jangan dipecah-belah oleh hal yang tidak substantif.

"Perpecahannya kan karea soal kongres ya. Remeh sekali menurut saya. Ini mengerikan sekali perpecahan ini," tutur Koordinator Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS) itu.

Seperti diketahui, Aliansi BEM SI berencana menggelar aksi demonstrasi di depan gedung parlemen hari ini. Sementara itu, BEM UI yang dulunya bergabung dengan BEM SI membentuk Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI). Hingga saat ini AMI belum menentukan lokasi demonstrasi pada hari ini.

Kendati begitu, isu-isu tuntutan AMI masih mirip dengan yang disuarakan BEM SI. Yang menjadi perhatian AMI yaitu terkait dengan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

AMi juga menyoroti terkait ketimpangan ekonomi yang membuat harga-harga naik, yang ketiga terkait penyerangan warga sipil yang sekarang marak terjadi.

Sementara itu, Koordinator Media BEM SI 2022 Luthfi Yufrizal menuturkan akan ada ada empat tuntutan yang diperjuangkan dalam aksi tersebut.

Berikut ini empat tuntutan BEM SI dalam aksi di Gedung DPR:

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat, bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen. Bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demo demo mahasiswa bem ade armando
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top