Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengamat: Gibran Dipersiapkan Maju Pilgub DKI, Ikuti Jejak Jokowi?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mulai dilirik sejumlah partai politik untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 April 2022  |  13:59 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. - Antara\r\n
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mulai dilirik sejumlah partai politik untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ujang yang juga merupakan Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia ini menilai, dari kacamata politik, pertemuan sejumlah elite parpol dengan Gibran itu tentu bukan sekadar mampir melainkan memiliki maksud tertentu. Menurut Ujang, Gibran sedang dilirik untuk menjadi calon gubernur (cagub) di Pilkada serentak 2024.

"Sepertinya Gibran sedang di poles-poles, sedang diusap-usap, dipersiapkan untuk bisa masuk ke kontestasi politik yang lebih tinggi," kata Ujang, Jumat (8/4/2022).

Ujang menyatakan Gibran bisa menjadi calon gubernur dua daerah, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Namun, Ujang memprediksi Gibran pun akan mengikuti rekam jejak ayahnya, Jokowi, yang pernah menjadi orang nomor 1 di ibu kota.

"Menurut saya, bisa calon gubernur DKI Jakarta atau calon gubernur Jawa Tengah, tapi lebih besar kemungkinan ke DKI, karena lebih bergengsi dan mengikuti jejak bapaknya yaitu Jokowi yang pernah jadi Gubernur DKI," tuturnya.

Gibran Rakabuming Raka memang sempat ditemui sejumlah elite politik. Dia sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan terakhir Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Saya kira ke depan akan semakin banyak lagi yang menemui Gibran. Ketika banyak ketua umum sudah seragam mendorong, ya kelihatannya akan maju," ujar Ujang.

Ujang mengungkapkan apabila PDIP mendukung Gibran, maka dia bisa mendapatkan borongan partai. Namun, jika tidak dapat tiket dari PDIP, dia menyebut partai-partai lain sudah siap mendukungnya.

Rabu lalu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menemui Gibran di Balai Kota, Solo. Dalam kesempatan itu, Muzani mengaku berbicara mengenai peran pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Dia memuji kinerja Presiden Jokowi dalam menanggulangi pandemi. Muzani juga memuji Gibran selaku Wali Kota Solo dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Menurut Muzani, Gibran sebagai kepala daerah berhasil menjaga stabilitas politik di pemerintahan daerah, meski saat ini terjadi berbagai persoalan ekonomi seperti naiknya harga-harga bahan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pilgub pilkada cagub Gibran Rakabuming Raka

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top